PENGEMBANGAN SISTEM DYNAMIC INTELLECTUAL LEARNING BERBASIS MICROLEARNING UNTUK PENCAPAIAN MASTERY LEARNING PADA MATA KULIAH BASIS DATA DI PROGRAM STUDI S1 ILMU KOMPUTER

Marti, Ni Wayan (2023) PENGEMBANGAN SISTEM DYNAMIC INTELLECTUAL LEARNING BERBASIS MICROLEARNING UNTUK PENCAPAIAN MASTERY LEARNING PADA MATA KULIAH BASIS DATA DI PROGRAM STUDI S1 ILMU KOMPUTER. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (Cover)
2039011008-Cover.pdf

Download (348kB)
[img] Text (Abstrak)
2039011008-Abstrak.pdf

Download (489kB)
[img] Text (Pendahuluan)
2039011008-Bab I Pendahuluan.pdf

Download (100kB)
[img] Text (Kajian Teori)
2039011008-Bab II Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (Metodologi Penelitian)
2039011008-Bab III Metodologi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (Hasil dan Pembahasan)
2039011008-Bab IV Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (852kB) | Request a copy
[img] Text (Penutup)
2039011008-Bab V Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
2039011008-Daftar Pustaka.pdf

Download (145kB)
[img] Text (Lampiran)
2039011008-Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Era transformasi pendidikan abad ke-21 merupakan arus perubahan dimana dosen dan mahasiswa bersama-sama memainkan peran penting dalam kegiatan pembelajaran. Dalam hal ini, perlu adanya penerapan inovasi dan integrasi teknologi untuk membantu peran dosen sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem dynamic intellectual learning berbasis microlearning untuk pencapaian mastery learning (sistem DIL-MicLearn) yang berkualitas valid, praktis, dan efektif, serta bertujuan untuk menggali respon kepuasaan pengguna sistem DIL-MicLearn dalam proses pembelajaran mata kuliah Basis Data di Program S1 Ilmu Komputer-Undiksha. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model penelitian desain pendidikan Plomp, yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap penelitian pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi sumatif. Sistem DIL-MicLearn telah terealisasi dan dinyatakan valid oleh ahli materi dan ahli media pembelajaran, masing-masing dengan hasil penilaian sebesar 85,88%, dan 99,56%. Kepraktisan sistem ini ditunjukkan dari persepsi mahasiswa dimana sistem mudah digunakan, dan semua fitur-fitur berjalan dengan baik. Dari penilaian kepraktisan, diperoleh nilai sebesar 90,30% yang menunjukkan bahwa sistem DIL-MicLearn masuk kategori sangat praktis. Sistem DIL-MicLearn juga dinyatakan efektif untuk mencapai ketuntasan belajar dan meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa pada proses pembelajaran Basis Data. Hampir semua mahasiswa dapat mencapai ketuntasan belajar dengan ambang batas ketuntasan adalah 75 di empat sub-CPMK yang diukur dari capaian skor di setiap uji formatif. Sedangkan efektivitas dari sisi peningkatan hasil belajar kognitif diukur dari capaian skor pretest dan posttest. Diperoleh rerata pretest yaitu 44,05 dan rerata posttest yaitu 82,08. Berdasarkan analisis uji t menggunakan paired sample t test dengan α=0,05, dihasilkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari α=0,05. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif sebelum dan sesudah menggunakan sistem DIL-MicLearn pada proses pembelajaran mata kuliah Basis data. Perbedaan ini menunjukkan adanya peningkatan jika dilihat dari rerata pretest dan posttest. Mahasiswa dan dosen merasa puas menggunakan sistem DIL-MicLearn dalam proses pembelajaran Basis Data dengan tingkat kepuasan masing-masing sebesar 84,75 dari mahasiswa dan 84,06 dari dosen.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Sistem DIL-MicLearn, microlearning, mastery learning, mata kuliah Basis Data.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: Ni Wayan Marti
Date Deposited: 25 Oct 2023 02:16
Last Modified: 25 Oct 2023 02:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17911

Actions (login required)

View Item View Item