Dewi, Ni Ketut Dika Oka (2023) PEMANFAATAN APLIKASI NOVELTOON DALAM MENULIS TEKS RESENSI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KUTA SELATAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812011054-COVER.pdf Download (400kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812011054-ABSTRAK.pdf Download (74kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812011054-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (163kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812011054-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1812011054-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812011054-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812011054-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812011054-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (100kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812011054-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi NovelToon dalam menulis teks resensi, (2) mendeskripsikan hasil menulis teks resensi siswa kelas XI SMAN 1 Kuta Selatan, dan (3) mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam pembelajaran menulis teks resensi yang memanfaatkan aplikasi NovelToon. subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 5 di SMA Negeri 1 Kuta Selatan dan seorang guru pengajar bahasa Indonesia kelas XI. Metode pengumpulan data pada penelitian ini ialah mengunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara itu, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ialah analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman observasi, pedoman dokumentasi dan wawancara penilaian hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini berupa (1) aplikasi NovelToon dapat digunakan dalam pembelajaran menulis teks resensi karena mampu meningkatkan minat dan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia pada materi teks resensi, (2) pemanfaaatan aplikasi NovelToon dalam pembelajaran menulis teks resensi mendapatkan hasil belajar siswa yang baik, dibuktikan dari nilai rata-rata siswa sebanyak 83,4 pada pengetahuan siswa dan 82,5 pada keterampilan siswa dalam menulis teks resensi, dan (3) kendala yang dihadapi selama pembelajaran menulis teks resensi yang memanfaatkan aplikasi NovelToon ialah kendala pada jaringan internet yang kurang stabil. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa aplikasi NovelToon dapat menjadi alternatif bagi guru untuk menjadi media pembelajaran yang mampu menarik perhatian siswa untuk lebih semangat dalam kegiatan pembelajaran, khususnya pelajaran bahasa Indonesia materi menulis teks resensi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | NovelToon, Teks Resensi, Pembelajaran Menulis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Dika Oka Dewi |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 00:52 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 00:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18065 |
Actions (login required)
View Item |