Dewanti, Paula (2023) PENGEMBANGAN MEDIA LEARNING MANAGEMENT SYSTEM SMILE BERBASIS CYBER PEDAGOGY DAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DALAM EKOSISTEM E-LEARNING DI PERGURUAN TINGGI. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (1839011016-COVER)
1839011016-Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text (1839011016-ABSTRAK)
1839011016-Abstrak.pdf Download (237kB) |
|
Text (1839011016-BAB 1 PENDAHULUAN)
1839011016-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (513kB) |
|
Text (1839011016-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1839011016-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (832kB) | Request a copy |
|
Text (1839011016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1839011016-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (739kB) | Request a copy |
|
Text (1839011016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1839011016-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (1839011016-BAB 5 PENUTUP)
1839011016-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) | Request a copy |
|
Text (1839011016-DAFTAR PUSTAKA)
1839011016-Daftar Pustaka.pdf Download (487kB) |
|
Text (1839011016-LAMPIRAN)
1839011016-Lampiran.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media Learning Management System (LMS) yang memberikan ekosistem pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik generasi Peserta Didik di Perguruan Tinggi. Sasarannya adalah proses pembelajaran yang efektif, efisien, dan menarik dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar dalam koridor Cyber Pedagogy dengan berlandaskan Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Penelitian diawali dengan mengembangkan LMS mengikuti model Waterfall dan dilanjutkan dengan pengembangan bahan ajar dengan mengikuti model ADDIE. Pengujian dilakukan dalam tiga tahap, yaitu uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan. Uji lapangan dilakukan melalui eksperimen dengan melibatkan Peserta Didik di Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali, Fakultas Sistem Informasi (SI), Konsentrasi E-Tourism. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Data berupa hasil penilaian tentang kualitas produk dan saran untuk revisi produk yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk SMILE yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran mata kuliah Pengantar Perhotelan pada Konsentrasi E-Tourism. Hal ini ditunjukkan oleh: (1) Hasil uji Gregory untuk penilaian ahli isi, desain, dan ahli media diperoleh skor 1,00 yang menunjukkan bahwa validitas instrumen dalam kategori sangat tinggi; (2) Dalam Uji Coba Perorangan, persentase tingkat pencapaian sebelum menggunakan media adalah 65,33% (cukup) dan setelah menggunakan media tingkat pencapaiannya meningkat menjadi 76% (baik). Maka, SMILE dapat dinyatakan baik; (3) Dalam Uji Coba Kelompok Kecil, persentase tingkat pencapaian sebelum menggunakan media adalah 71,60% (cukup) dan setelah menggunakan media tingkat pencapaiannya meningkat menjadi 75,60% (baik). Maka, SMILE dapat dinyatakan baik. (4) Hasil Uji Coba Lapangan menunjukkan persentase tingkat pencapaian sebelum menggunakan media adalah 71,50% (cukup) dan setelah menggunakan media tingkat pencapaiannya meningkat menjadi 75,38% (baik). (5) Hasil uji keefektifan media menggunakan Usability Testing yang dilakukan pada Peserta Didik memperoleh hasil 4.07 pada Learnability, 4.23 pada Memorability, Efficiency 3.99, Errors 3.88, dan 4.08 pada Satisfaction. Hasil penilaian keefektifan media yang dilakukan pada 7 dosen diperoleh skor 3.86 pada Learnability, 4.00 pada Memorability, Efficiency 3.76, Errors 3.52, dan 3.83 pada Satisfaction yang menunjukkan bahwa tingkat validitas sangat baik.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cyber Pedagogy, E-Learning, Learning Management System, Media Pembelajaran, Standar Nasional Pendidikan Tinggi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Paula Dewanti |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 03:40 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 03:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18114 |
Actions (login required)
View Item |