HUBUNGAN ANTARA KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIPA DI KOTA NEGARA

Apriyanta, I Putu Putra (2023) HUBUNGAN ANTARA KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIPA DI KOTA NEGARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613021035-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613021035-ABSTRAK.pdf

Download (58kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613021035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (86kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613021035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613021035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021035-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021035-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613021035-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan antara: 1) kecanduan game online dengan prestasi belajar, 2) disiplin belajar dengan prestasi belajar, 3) kecanduan game online dan disiplin belajar secara simultan dengan prestasi belajar fisika. Prediktor dalam penelitian ini adalah kecanduan game online dan disiplin belajar, sedangkan kriteriumnya adalah prestasi belajar fisika. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan desain expost facto. Populasi penelitian ini sebanyak 382 siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di kota Negara. Sampel penelitian sebanyak 137 siswa diambil dengan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner kecanduan game online, kuesioner disiplin belajar, dan tes esai fisika yang sudah melalui tahapan uji validitas, dan reliabilitas. Reliabilitas kuesioner kecanduan game online, disiplin belajar, dan prestasi belajar fisika secara berturut- turut adalah 0,925 (sangat tinggi), 0,914 (sangat tinggi), dan 0,882 (sangat tinggi). Metode statistik yang digunakan untuk analisis data adalah analisis korelasi product moment, regresi linier sederhana, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kecanduan game online dengan prestasi belajar (r = - 0,463). Terdapat pula hubungan positif yang signifikan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar (r = 0,674). Kedua prediktor secara simultan juga menunjukkan hubungan positif yang signifikan dengan prestasi belajar fisika (r = 0,764). Pada penelitian ini juga diperoleh nilai sumbangan efektif untuk variabel kecanduan game online dengan disiplin belajar masing-masing sebesar 9,91% dan 30,67%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kecanduan game online, disiplin belajar, prestasi belajar fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: I PUTU PUTRA APRIYANTA
Date Deposited: 03 Nov 2023 08:25
Last Modified: 03 Nov 2023 08:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18262

Actions (login required)

View Item View Item