Purnamayanti, I Gusti Ayu (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK INTERAKTIF MENGGUNAKAN GOOGLE SLIDE WITH PEAR DECK YANG BERORIENTASI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP KELAS IX. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2023011015-COVER.pdf Download (792kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2023011015-ABSTRAK.pdf Download (211kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2023011015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (386kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2023011015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (629kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2023011015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (598kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2023011015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2023011015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2023011015-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena bahan ajar LKPD yang digunakan sebagai penunjang kegiatan belajar matematika di SMP Negeri 3 Kuta Selatan kurang menarik minat peserta didik untuk belajar, belum berbasis pemecahan masalah, serta belum memanfaatkan media elektronik seperti smartphone atau laptop. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk e-LKPD yang valid, praktis dan efektif serta berkarakteristik dengan berorientasi PMRI serta karakteristik pelaksanaannya dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini adalah penelitian desain dengan menggunakan prosedur penelitian Plomp yang terdiri dari 3 fase, yaitu Fase Preliminary Research, Fase Prototyping, dan Fase Assessment. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX di SMPN 3 Kuta Selatan tahun ajaran 2022/2023 dengan rincian kelas IX.5 sebanyak 16 siswa pada uji coba terbatas, kelas IX.3 sebanyak 32 siswa pada uji coba lapangan I dan kelas IX.4 sebanyak 32 siswa pada uji coba lapangan II. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan e-LKPD berbasis pendekatan PMRI pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung dikategorikan valid, praktis dan efektif. Hasil uji validasi e-LKPD oleh validator I dan validator II mendapatkan kategori sangat valid dengan nilai validitas berturut-turut sebesar 3,79 dan 3,92. Karakteristik LKPD berbasis pendekatan PMRI yang valid adalah (1) menyajikan masalah kontekstual; (2) terdapat geogebra yang interaktif e; (3) E-LKPD dapat memfasilitasi interaksi antara siswa dan guru. Rata-rata nilai praktikalitas yang diperoleh pada uji terbatas adalah 82,75%, uji coba lapangan I adalah 83,18% dan uji coba lapangan II adalah 88,37%. dengan kategori sangat praktis. Karakteristik LKPD berbasis PMRI yang praktis adalah (1) LKPD mudah digunakan dan mudah dipahami; (2) waktu dalam mengerjakan LKPD efisien; (3) perintah dan pertanyaan pada LKPD jelas; (4) tampilan dan kombinasi warna pada LKPD menarik; (5) peserta didik terbantu dalam memahami konsep dan materi pembelajaran. Media pembelajaran yang dikembangkan mampu memenuhi kriteria keefektifan. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata skor tes pemecahan masalah matematika siswa kelas IX.3 dan XI.4 berturut-turut adalah 79,45 dan 86,72. Kedua skor memenuhi kriteria keefektifan yang ditetapkan yaitu berada diatas KKM yang ditetapkan yaitu 70. Dari hasil penelitian tersebut, maka e-LKPD interaktif menggunakan google slide with pear deck berorientasi PMRI pada materi bangun ruang sisi lengkung yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar pesera didik SMP kelas IX.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-LKPD, PMRI, Google Slide with Pear Deck. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Purnamayanti |
Date Deposited: | 03 Nov 2023 04:28 |
Last Modified: | 03 Nov 2023 04:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18273 |
Actions (login required)
View Item |