Yoga, I Dewa Gede Agus Kusuma (2024) PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY 3D BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SAINS SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031276-COVER.pdf Download (284kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031276-ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031276-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (177kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031276-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031276-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031276-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031276-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031276-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031276-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Studi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep sains siswa di Sekolah Dasar, serta pemanfaatan media pembelajaran pada kegiatan pembelajaran yang belum optimal. Penelitian pengembangan ini memiliki empat tujuan, yaitu: (1) menghasilkan Media augmented reality 3D berbasis video animasi, (2) menganalisis validitas isi media augmented reality 3D berbasis video animasi, (3) menganalisis Kepraktisan augmented reality 3D berbasis video animasi dan (4) menganalisis efektivitas augmented reality 3D berbasis video animasi terhadap pemahaman konsep sains siswa kelas IV di Sekolah Dasar. Studi pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Studi ini mengambil subjek augmented reality 3D berbasis video animasi, sedangkan objek penelitian pengembangan adalah validitas isi media, isi materi, respon pengguna, dan efektivitas media. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan rating scale. Instrumen yang dipergunakan untuk mengumpulkan data yaitu pedoman observasi, lembar rating scale, pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) augmented reality 3D berbasis video animasi yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 4,75 dengan kualifikasi sangat valid, (2) materi pada isi media augmented reality 3D berbasis video animasi yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 4,27 dengan kualifikasi sangat valid, (3) tingkat pencapaian respon praktisi/guru terhadap media augmented reality 3D berbasis video animasi adalah sebesar 4,8 dengan kualifikasi sangat praktis, (4) tingkat pencapaian respon siswa terhadap media augmented reality 3D berbasis video animasi adalah sebesar 4,88 dengan kualifikasi sangat praktis, dan (5) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi memperoleh skor sebesar sebesar 0,000 < 0,05, sehingga media augmented reality 3D berbasis video animasi efektif guna meningkatkan pemahaman konsep sains siswa kelas IV di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media, Media Augmented Reality 3D Berbasis Video Animasi, Pemahaman Konsep Sains. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Dewa Gede Agus Kusuma Yoga |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 04:43 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 04:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18543 |
Actions (login required)
View Item |