Purwaningsih, Ni Ketut Maysi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BERHITUNG BERBASIS METODE JARIMATIKA BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI PERKALIAN SISWA KELAS II DI SD NEGERI 17 DANGIN PURI TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
201103158-COVER.pdf Download (875kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031058-ABSTRAK.pdf Download (162kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031058-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (148kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031058-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031058-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031058-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031058-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031058-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (121kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031058-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui rancang bangun media berhitung jarimatika dalam materi ajar perkalian siswa kelas II SD Negeri 17 Dangin Puri, (2) Untuk mengetahui kelayakan media media berhitung jarimatika dalam materi ajar perkalian dari uji ahli isi, uji ahli desain, uji ahlimedia, uji perorangan, dan uji kelompok kecil siswa kelas II SD Negeri 17 Dangin Puri, (3) Untuk mengetahui efektivitas media berhitung jarimatika dalam materi ajar perkalian siswa kelas II SD Negeri 17 Dangin Puri. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dankuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, kualitatif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini berupa (1) rancang bangun media berhitung jarimatika ini menggunakan model ADDIE yang meliputi beberapa tahap yaitu (a) analisis, (b) perancangan, (c) pengembangan, (d) implementasi, dan (e) evaluasi dengan hasil penialain dari uji ahli rancang bangun sebesar 88% (baik), (2) media berhitung jarimatika dinyatakan layak berdasarkan penilaian uji ahli isi mata pelajaran sebesar 90% (sangat baik), uji ahli desain instruksional sebesar 90% (sangat baik), dan uji ahli media pembelajaran sebesar 88% (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 94% (sangat baik), dan uji coba kelompok kecil 94% (sangat baik), (3) berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa nilai thitung = 7.554 sedangkan ttabel dengan taraf signifikasi 5% dengan dk = (n1 – 1) + (n2 – 1) = (32 –1) + (32 – 1) = 62 diperoleh ttabel sebesar 1,990 hal ini berarti thitung > ttabel sehinggaH0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengembangan media berhitung jarimatika efektif diterapkan pada muatan matematika materi ajar perkalian siswa kelas II SD Negeri 17 Dangin Puri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media berhitung, jarimatika, matematika, perkalian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Maysi Purwaningsih |
Date Deposited: | 14 Feb 2024 22:02 |
Last Modified: | 14 Feb 2024 22:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18573 |
Actions (login required)
View Item |