Puspitasari, Made (2024) THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY, MOTIVATION AND WRITING ABILITY OF THE EIGHTH-GRADE STUDENTS OF SMPN 5 DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129081045-COVER.pdf Download (654kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129081045-ABSTRAK.pdf Download (358kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129081045-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (317kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129081045-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129081045-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129081045-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129081045-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129081045-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (409kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129081045-LAMPIRAN.pdf Download (841kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui kontribusi penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis, 2) mengetahui kontribusi motivasi terhadap kemampuan menulis, dan 3) mengetahui kontribusi penguasaan kosakata dan motivasi secara simultan terhadap kemampuan menulis di SMPN 5 Denpasar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 5 Denpasar. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proporsional random sampling, yaitu mengambil sampel siswa kelas VIII SMPN 5 Denpasar. Sampel penelitian ini adalah 149 siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket untuk motivasi dan tes untuk penguasaan kosakata dan kemampuan menulis. Data dianalisis menggunakan regresi linier dan regresi berganda berbantuan SPSS versi 26.0. Temuannya menunjukkan: 1) terdapat kontribusi yang signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis. Koefisien determinasi sebesar 0,690 atau penguasaan kosakata memberikan kontribusi terhadap kemampuan menulis siswa sebesar 69,0%, 2) terdapat kontribusi motivasi yang signifikan terhadap kemampuan menulis koefisien determinasi sebesar 0,705 atau motivasi memberikan kontribusi terhadap kemampuan menulis siswa sebesar 70,5%, dan 3 ) terdapat sumbangan simultan penguasaan kosakata dan motivasi terhadap kemampuan menulis nilai koefisien determinasi sebesar 0,799 atau penguasaan kosakata dan motivasi memberikan sumbangan terhadap kemampuan menulis siswa sebesar 79,9%. Berdasarkan hasil temuan diatas, dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan penguasaan kosakata dan motivasi siswa terhadap kemampuan menulis siswa. Dengan demikian, kedua faktor tersebut dapat dijadikan sebagai prediktor tingkat kecenderungan kemampun menulis siswa di SMPN 5 denpasar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penguasaan kosakata, motivasi, kemampuan menulis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | Made Puspitasari |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 04:04 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 04:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18643 |
Actions (login required)
View Item |