Sattvika, Gede Arta (2024) Pengarauh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Gugus VIII Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Text (COVER)
1911031126-COVER.pdf Download (476kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031126-ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031126-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (123kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031126-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031126-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031126-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031126-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031126-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031126-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Dari hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan di sekolah ditemukan bahwa hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V SDN Gugus VIII Kecamatan Buleleng tahun ajaran 2023/2024 rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning berbantuan media mind mapping terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V SDN gugus VIII Kecamatan Buleleng tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan desain quasy experimental design dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian sebanyak 186 siswa, penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, dan kelas eksperimen dan kontrol akan diberikan pretest kemudian disetarakan dengan uji anava. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, yakni tes objektif. Teknik analisis data dalam penelitian ini ada dua yakni analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Diketahui nilai thitung sebesar 24,448 lebih besar dari ttabel sebesar 1.681, nilai ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning berbantuan media mind mapping terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V SDN Gugus VIII Kecamatan Buleleng tahun ajaran 2023/2024. Implikasi dari penelitian ini secara praktis dapat digunakan oleh guru sebagai acuan dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | discovery learning, media mind mapping, hasil belajar IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Gede Arta Sattvika |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 09:09 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 09:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18664 |
Actions (login required)
View Item |