ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TEORI APOS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA DI SMP NEGERI 1 GIANYAR

Andriani, Ni Putu Nova (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TEORI APOS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA DI SMP NEGERI 1 GIANYAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713011045-COVER.pdf

Download (605kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713011045-ABSTRAK.pdf

Download (164kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011045-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (125kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011045-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011045-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011045-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011045-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011045-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713011045-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Riset ini tujuannya untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan teori APOS ditinjau dari gaya kognitif siswa. Indikator yang digunakan pada riset ini ialah pemahaman konsep pada teori APOS, yaitu 1) aksi: siswa dapat menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal serta bisa menuliskan langah-langkah penyelesaian soal, 2) proses: siswa dapat menjelaskan atau merefleksikan langkah penyelesian soal, 3) objek: siswa dapat menggunakan definisi, aturan atau sifat-sifat dari suatu konsep, 4) skema: siswa bisa mengaitkan aksi, proses, objek dari suatu konsep dengan konsep lainnya. Riset ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Populasi pada riset ini siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Gianyar sebanyak 541 orang. Penentuan besar sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin, dan diperoleh besar sampel 246 orang yang dipilih berdasarkan kelas yang ditentukan oleh pihak sekolah yaitu kelas VII A–VII E. Istrumen yang digunakan berupa tes gaya kognitif dengan menggunakan Group Embedded Figure Test, tes pemahaman konsep, serta pedoman wawancara untuk menunjang hasil penelitian. Data tes gaya kognitif dikategorikan berdasarkan skor yang diperoleh siswa. Data tes pemahaman konsep dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan data hasil wawancara dianalisis menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa pada materi aljabar tergolong rendah. Siswa field dependent cenderung hanya dapat melakukan aktivitas prosedural atau hanya mengikuti contoh yang diberikan. Siswa field independent cenderung dapat menjelaskan dan menggunakan sifat-sifat serta aturan dari konsep-konsep pada materi aljabar. Beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep khususnya pada kategori rendah yaitu dengan menggunakan metode dan model pembelajaran yang tepat dengan karakteristik siswa, perbanyak latihan soal, menggunakan bantuan media pembelajaran seperti video animasi dan lebih teliti dalam menyelesaikan soal. Dari hasil penelitian ini diharapkan pembelajaran matematika dapat dilaksanakan dengan cara yang lebih beragam dan adanya perbaikan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, teori APOS, gaya kognitif, bentuk aljabar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Putu Nova Andriani
Date Deposited: 19 Feb 2024 03:15
Last Modified: 19 Feb 2024 03:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18779

Actions (login required)

View Item View Item