Lisrianto, Muhammad Windra (2024) PENGEMBANGAN MODEL EDUKASI PROTOKOL KESEHATAN TERINTEGRASI PENTAHELIX PENANGANAN PANDEMI COVID-19 BERBASIS TRI HITA KARANA. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2039011033-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2039011033-ABSTRAK.pdf Download (228kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2039011033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (370kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2039011033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (813kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2039011033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (730kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2039011033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (898kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2039011033-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2039011033-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (540kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2039011033-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendapatkan rancangan bagan/prototipe model edukasi protokol kesehatan terintegrasi pentahelix dalam percepatan penanganan pandemi Covid-19 berbasis tri hita karana,(2) untuk mendapatkan hasil validasi model edukasi protokol kesehatan terintegrasi pentahelix dalam percepatan penanganan pandemi Covid-19 berbasis tri hita karana, (3) untuk mendapatkan efektivitas model edukasi protokol kesehatan terintegrasi pentahelix dalam percepatan penanganan pandemi Covid-19 berbasis tri hita karana. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan model prototyping menurut Nieveen yang meliputi preliminary research, prototyping stage, dan assessment stage. Subjek pengujian efektivitas dilakukan pada 30 orang masyarakat di Kecamatan Buleleng. Instrumen pengumpulan data percepatan penanganan pandemi Covid-19 menggunakan kuesioner. Instrumen tersebut telah memenuhi katagori valid dan reliabel. Metode analisis data untuk memperoleh hasil pengujian efektivitas dilakukan dengan analisis uji-t dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan (1) Rancangan model edukasi protokol kesehatan terintegrasi pentahelix penanganan pandemi covid-19 berbasis Tri Hita Karana menggunakan model prototyping menurut Nieveen yang meliputi (a) preliminary research, (b) prototyping stage, dan (c) assessment stage; (2) Model edukasi protokol kesehatan terintegrasi pentahelix penanganan pandemi covid-19 berbasis Tri Hita Karana secara keseluruhan dinyatakan valid dan reliabel; (3) Model edukasi protokol kesehatan terintegrasi pentahelix penanganan pandemi covid-19 berbasis Tri Hita Karana secara keseluruhan dinyatakan praktis; (4) Model edukasi protokol kesehatan terintegrasi pentahelix penanganan pandemi covid-19 berbasis Tri Hita Karana efektif dalam meningkatkan percepatan penanganan pandemi Covid-19 di Buleleng. Penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan dengan mengembangkan model edukasi protokol kesehatan terintegrasi pentahelix berbasis Tri Hita Karana dalam penanganan pandemi Covid-19. Rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut dapat mencakup fokus mendalam pada elemen Tri Hita Karana, mempertimbangkan dukungan teknologi untuk distribusi informasi, melibatkan pihak terkait seperti pemerintah daerah, dan mengembangkan materi edukasi yang dinamis sesuai perkembangan pandemi. Rekomendasi ini diharapkan dapat memperkuat kontribusi positif model edukasi protokol kesehatan terintegrasi pentahelix berbasis Tri Hita Karana dalam percepatan penanganan pandemi di Buleleng.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model edukasi protokol kesehatan, pentahelix, Covid-19, Tri Hita Karana |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Muhammad Windra Lisrianto |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 05:58 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 05:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18799 |
Actions (login required)
View Item |