Dhirapriyani, Kadek (2024) DEVELOPING ENGLISH E-STORY BOOK AS SUPPLEMENTARY MATERIAL BASED ON EMANCIPATED LEARNING CURRICULUM FOR FIRST-GRADE STUDENTS AT SDN 3 BANJAR JAWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021031-COVER.pdf Download (567kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021031-ABSTRAK.pdf Download (84kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (186kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (626kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021031-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021031-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012021031-LAMPIRAN.pdf Download (912kB) |
Abstract
Penelitian ini mempelajari pembuatan buku cerita elektronik berbahasa Inggris yang terintegrasi dengan kurikulum Merdeka Belajar, yang dirancang khusus untuk siswa kelas satu di SDN 3 Banjar Jawa. Dengan menggunakan model Desain dan Pengembangan (D&D) yang komprehensif, dengan fokus khusus pada kerangka kerja Analisis, Desain, Pengembangan, dan Evaluasi (ADDE), pendekatan metode campuran yang memadukan analisis kualitatif dan kuantitatif diterapkan. Tujuan utama di balik penelitian ini berasal dari kesenjangan yang ada dalam materi pelengkap dan kurangnya pemanfaatan buku cerita elektronik dalam kurikulum Merdeka Belajar. Penelitian ini dilakukan secara sistematis, dimulai dengan analisis kebutuhan siswa, diikuti dengan desain rancangan yang komprehensif, pengembangan buku cerita elektronik, dan proses evaluasi yang menggabungkan penilaian ahli, penilaian guru, dan masukan yang berharga dari para siswa. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa buku cerita elektronik yang dikembangkan dengan cermat selaras dengan tujuan kurikulum, menunjukkan keunggulan dalam mengikuti prinsip-prinsip dasar pengembangan materi. Pentingnya temuan ini terletak pada penyorotan potensi besar buku cerita elektronik yang tidak hanya memperkaya kemampuan bahasa, tetapi juga selaras dengan prinsip-prinsip pembelajaran kontemporer abad ke-21. Penelitian ini berfungsi sebagai sumber daya yang berharga, menawarkan wawasan yang relevan bagi para pendidik, peneliti, dan pengembang kurikulum yang tertarik untuk membuat sumber daya digital yang berdampak yang disesuaikan dengan konteks pendidikan yang selaras dengan kurikulum Merdeka Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku cerita elektronik, materi pelengkap, kurikulum Merdeka Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Kadek Dhirapriyani |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 14:07 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 14:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19060 |
Actions (login required)
View Item |