Alfillail, Nur (2024) THE USE OF PRAGMATIC APPROACH TO ENHANCE STUDENTS’ SPEAKING SKILL AT MA SAMSYUL HUDA TEGALLINGGAH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712021054-COVER.pdf Download (912kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712021054-ABSTRAK.pdf Download (79kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021054-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (125kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021054-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021054-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021054-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021054-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021054-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (118kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712021054-LAMPIRAN.pdf Download (837kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan pendekatan pragmatik untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa di MA Syamsul Huda Tegallinggah. Fokus dari penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran dan hasil tes berbicara 25 siswa di kelas XI B. Data dikumpulkan melalui berbagai metode, yaitu observasi, wawancara, dan penilaian hasil uji keterampilan berbicara. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari dua siklus, Siklus I dan Siklus II. Berdasarkan hasil implementasi tindakan dari kedua siklus, ditemukan bahwa pendekatan pragmatik mampu meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Selain itu, pendekatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Pada Siklus I, siswa mencapai nilai rata-rata 75,52 dengan tingkat ketuntasan 64%, di mana 19 dari 25 siswa dinyatakan tuntas. Sementara itu, pada Siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 79,04 dengan persentase kelutuntasan 84%. Faktanya, sebelum implementasi dilakukan, hanya 14 siswa atau 56% dari mereka yang dinyatakan tuntas. Penekanan dari pendekatan pragmatik dalam penelitian ini adalah memberikan kesempatan kepada siswa untuk berlatih menggunakan bahasa Inggris sesuia dengan konteks situasional. Dengan demikian, dalam proses pembelajaran, peserta didik tidak hanya fokus pada teori tetapi juga terlibat dalam praktik penggunaan bahasa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Pragmatik, Keterampilan Berbicara. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Nur Alfillail |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 06:46 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 06:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19164 |
Actions (login required)
View Item |