IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION BY USING SQ3R STRATEGY AT SEVENTH GRADE OF SMP N 1 PEKUTATAN

Primadana, Made Hari (2024) IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION BY USING SQ3R STRATEGY AT SEVENTH GRADE OF SMP N 1 PEKUTATAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021214-COVER.pdf

Download (510kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021214-ABSTRAK.pdf

Download (209kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021214-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (346kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021214-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021214-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021214-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021214-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021214-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021214-LAMPIRAN.pdf

Download (681kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman membaca teks deskriptif siswa melalui strategi SQ3R untuk siswa kelas VII E SMP N 1 Pekutatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP N 1 Pekutatan yang berjumlah 24 siswa. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai metode penelitian untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah dalam pemahaman membaca siswa. Penelitian ini melalui 2 siklus yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, implementasi, observasi, dan refleksi. Untuk mengumpulkan data, peneliti memperoleh informasi dari observasi dan tes yang dilakukan. Hasil dari penelitian ini adalah adanya peningkatan pemahaman membaca siswa dengan menggunakan strategi SQ3R. Selain itu, observasi menunjukkan peningkatan jumlah siswa yang aktif dan antusias dalam pembelajaran pemahaman membaca teks deskriptif. Hasil tes menunjukkan bahwa 7 atau 29,17% siswa lulus kriteria skor minimum pada pre-test, 11 atau 45,83% siswa lulus kriteria skor minimum pada siklus I, dan 19 atau 79,17% siswa lulus kriteria skor minimum pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam pemahaman membaca siswa terhadap teks deskriptif menggunakan strategi SQ3R.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan, Pemahaman Membaca, Strategi SQ3R.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Made Hari Primadana
Date Deposited: 22 Feb 2024 06:52
Last Modified: 22 Feb 2024 06:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19321

Actions (login required)

View Item View Item