Astuti, Catur Fitria (2024) PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI BELAJAR LITERASI HITUNG (BELITUNG) BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI OPERASI HITUNG KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229041017-COVER.pdf Download (220kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041017-ABSTRAK.pdf Download (48kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (162kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041017-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rancang bangun, validitas, kepraktisan, dan efektivitas dari media game edukasi BELITUNG berbasis website terhadap hasil belajar. Jenis Penelitian pengembangan dengan model ADDIE yaitu : (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation dan (5) evaluation. Metode pengumpulan data yakni instrumen untuk menilai validitas, kepraktisan, dan tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar. Metode analisis data deskriptif kuantitatif untuk memperoleh validitas dan kepraktisan,sedangkan uji efektivitas menggunakan uji-t. Terdapat uji prasyarat yang harus dilakukan sebelum melaksanakan uji-t, yaitu uji normalitas dan homogenitas data. Hasil uji validitas materi memperoleh skor rata-rata 4,76 pada kategori sangat layak, validitas media memperoleh skor 4,13 pada kategori layak, hasil uji kepraktisan guru memperoleh skor rata-rata 4,64 pada kategori sangat praktis, dan kepraktisan siswa memperoleh skor 4,73 pada kategori sangat praktis. Hasil efektivitas dari hasil uji Paired Sample t-Test yang menunjukkan bahwa t-hitung > t-tabel (16,028;>0,00), hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa. Simpulan yakni game Edukasi BELITUNG berbasis website dinyatakan valid, praktis, dan efektif meningkatkan hasil belajar pada materi operasi hitung.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | game edukasi, BELITUNG, website, matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | CATUR FITRIA ASTUTI |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 08:19 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 08:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19360 |
Actions (login required)
View Item |