Dewi, Putri Ayu Gangga (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN PERMAINAN MINO CARD TERHADAP BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GUGUS 1 GIANYAR TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031175-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031175-ABSTRAK.pdf Download (65kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031175-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (148kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031175-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031175-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031175-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031175-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031175-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (447kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031175-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Model belajar yang kurang mempunyai variasi mengakibatkan kondisi belajar menjadi pasive dikarenakan lebih sering memakai pendekatan saintifik. Kemudian sarana serta pra sarana yang ada disekolah belum termanfaatkan secara tepat dengan demikian mengakibatkan belajar yang kurang kondusive serta murid kurang mendapat dorongan pada kegiatan belajar. Tujuan melalui riset ini ialah guna mencari tahu ketidaksamaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis matematika antar kelompok dengan model belajar problem solving melalui bantuan permainan mino card dan kelompok dengan model konvensional untuk murid kelas IV SD. Jenis riset yang dipakai ialah quasi eksperimen dengan design riset yakni non equivalent control group design dan metode yang dipakai ialah tes. Populasinya melalui riset ini berjumlah 240 dari 7 sekolah dasar. Hasil riset ini menunjukkan uji-t diperoleh thitung = 4,062 namun skor ttabel dalam tingkat signifikansi 5% menyatakan skor ttabel sebesar= 2,000. Perolehan hasil analisa thitung = 4,062 > ttabel = 2,000 sehingga Ho mengalami penolakan. Bisa ditarik simpulan bahwasannya ada ketidaksamaan yang signifikan kemampuan berpikir matematika diantara kelompok dengan model problem solving dengan yang diajarkan melalui konvensional dikelas IV SD. Implikasinya melalui riset ini yakni model problem solving dengan bantuan permainan mino card baik diterapkan dalam proses pemeblajaran dan juga berpengaruh terhadap keahlian pemikiran kritis matematika murid kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem solving, mino card, pemikiran kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putri Ayu Gangga Dewi |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 02:31 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 02:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19398 |
Actions (login required)
View Item |