Rusditya, Seftian (2024) IMPLEMENTASI METODE ELECTRE DALAM PENENTUAN PLATFORM YANG TEPAT DALAM RANGKA MEWUJUDKAN FLIPPED LEARNING DI SMK BALI DEWATA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929101073_COVER.pdf Download (483kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929101073_ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929101073_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (221kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929101073_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929101073_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929101073_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929101073_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929101073_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929101073_LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Pembelajaran menggunakan model flipped classroom erat kaitannya dengan penggunaan teknologi seperti internet. Pemanfaatan internet dalam pembelajaran dapat membantu peserta didik mengeksplorasi ilmu pengetahuan secara lebih luas. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil angket yang diberikan pada peserta didik SMK Bali Dewata Denpasar. Namun dari berbagai materi yang dipelajari selama satu semester tersebut ditemukan beberapa materi yang sulit dipahami oleh peserta didik. Pemilihan platform flipped classroom bertujuan untuk memilih salah satu media pembelajaran yang tepat dalam mentransformasi pengetahuan peserta didik sehingga dapat mencapai tiap-tiap dimensi pengetahuannya secara utuh. Metode penentuan pemilihan platform flipped classroom menggunakan metode ELECTRE (Elimination and Choice Expressing Reality). Hasil dari perhitungan metode ELECTRE pada penelitian ini menghasilkan bahwa platform Google Classroom memperoleh total nilai 60,576 sedangkan platform whatshapp group memperoleh nilai 51,669, platform google meet memperoleh nilai 25, dan zoom free memperoleh nilai -3 (minus 3). Sehingga didapat kesimpulan bahwa platform google classroom adalah yang tepat untuk digunakan dalam flipped learning berdasarkan kriteria Penggunaan Data Internet, Kemudahan Akses, Kapasitas Penyimpanan, Batas Waktu Akses, Interaksi Visual, Interaksi Antar Pengguna, Fitur/Fasilitas, Kepuasan Pengguna, melalui kuisioner yang telah disebar ke pengguna platform.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SMK Bali Dewata, Flipped Learning, ELECTRE |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Komputer (S2) |
Depositing User: | Seftian Rusditya |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 23:23 |
Last Modified: | 07 Mar 2024 23:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19449 |
Actions (login required)
View Item |