Satyadewi, Ni Putu Ayu (2024) PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUCATION BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF PADA TEMA BINATANG SUB TEMA SERANGGA UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BAHASA ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011061025-COVER.pdf Download (729kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011061025-ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011061025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (357kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011061025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011061025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (651kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011061025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011061025-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011061025-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (336kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011061025-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan serta efektivitas media game education menggunakan powerpoint interaktif yang berisi materi sub tema serangga bagi anak kelompok B TK Negeri Pembina Denpasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa kuesioner. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Rancang bangun media game education memperoleh skor 90,90% dengan kualifikasi sangat baik; (2) Kelayakan media game education menurut ahli dan subjek penelitian diperoleh sebagai berikut. (a) hasil uji isi media memperoleh skor 96,67% dengan kualifikasi sangat baik, (b) hasil uji desain instruksional memperoleh skor 93,75% dengan kualifikasi sangat baik, (c) hasil uji media pembelajaran memperoleh skor 95% dengan kualifikasi sangat baik, (d) hasil uji coba perorangan memperoleh skor 95% dengan kualifikasi sangat baik, dan (e) hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor 94,17% dengan kualifikasi sangat baik, sehingga produk yang dikembangkan layak untuk digunakan; (3) Efektivitas media game education berdasarkan hasil uji-t memperoleh nilai rata-rata pre-nontest 59,67 dan rata-rata nilai post-nontest anak adalah 85,33. Hasil analisis statistik uji-t diperoleh thitung 8,878, sedangkan ttabel dengan db n-1 = 14 pada taraf signifikansi 5% = 1,761. Hasil tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel (8,878 > 1,761). Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan bahasa anak sebelum dan sesudah menggunakan media game education berbasis powerpoint interaktif pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Denpasar. Sehingga mendapatkan kesimpulan produk media game education berbasis powerpoint interaktif layak dan efektif digunakan untuk anak kelompok B di PAUD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci: pengembangan, media game education, kemampuan bahasa, tema serangga, PAUD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Ayu Satyadewi |
Date Deposited: | 25 Feb 2024 23:56 |
Last Modified: | 25 Feb 2024 23:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19454 |
Actions (login required)
View Item |