PENGARUH SERTIFIKASI GURU, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KEPUASAN KERJA DAN ETOS KERJA TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KABUPATEN BADUNG

Ulfa, Mardiana (2024) PENGARUH SERTIFIKASI GURU, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KEPUASAN KERJA DAN ETOS KERJA TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KABUPATEN BADUNG. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (1939011005-COVER)
1939011005-Cover.pdf

Download (740kB)
[img] Text (1939011005-ABSTRAK)
1939011005-Abstrak.pdf

Download (227kB)
[img] Text (1939011005-BAB 1 PENDAHULUAN)
1939011005-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (397kB)
[img] Text (1939011005-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1939011005-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text (1939011005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1939011005-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text (1939011005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1939011005-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (1939011005-BAB 5 PENUTUP)
1939011005-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (1939011005-DAFTAR PUSTAKA)
1939011005-Daftar Pustaka.pdf

Download (475kB)
[img] Text (1939011005-LAMPIRAN)
1939011005-Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh sertifikasi guru, kepemimpinan kepala sekolah, kepuasan kerja dan etos kerja terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Badung. Penelitian ini menggunakan pendekatan ex-post facto dengan melibatkan 60 orang guru Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Badung. Sampel penelitian yang diambil dengan teknik sampling total. Data dikumpulkan dengan kuesioner model skala Likert dan data hasil penelitian dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan inferensial multivariat dengan teknik Structur Equational Modeling Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan sertifikasi guru (X1), kepemimpinan kepala sekolah (X2) Secara deskriptif kuantitatif semua variabel dinyatakan cenderung sangat baik, (2) Model teoritik hubungan antar variabel eksogen dan endogen dinyatakan terbukti secara empirik, (3) Sertifikasi guru (X1), kepemimpinan kepala sekolah (X2) berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap kepuasan kerja (Y1) dan etos kerja (Y2), (4) sertifikasi guru (X1), kepemimpinan kepala sekolah (X2) berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap kinerja guru (Y3), Kepuasan kerja (Y1), etos kerja (Y2) tidak berpengaruh secara langsung terhadap kinerja guru (Y3), (5) sedangkan kepuasan kerja (Y1), etos kerja (Y2) tidak berpengaruh secara langsung dan tidak signifikan terhadap kinerja guru (Y3), (6) kepuasan kerja dan etos kerja (Y2) positif dan signifikan sebagai pemediasi pengaruh secara tidak langsung sertifikasi guru (X1), kepemimpinan kepala sekolah (X2) terhadap kinerja guru (Y3). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa sertifikasi guru, kepemimpinan kepala sekolah mendorong kepuasan kerja dan etos kerja untuk meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Badung.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kepuasan Kerja, Etos Kerja Dan Kinerja Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: MARDIANA ULFA
Date Deposited: 15 Mar 2024 10:17
Last Modified: 15 Mar 2024 10:17
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19540

Actions (login required)

View Item View Item