Suasthawadharmayuda, I Kadek (2024) MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKN BAGI SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI BALI MANDARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2014041006-COVER.pdf Download (492kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2014041006-ABSTRAK.pdf Download (30kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2014041006-BAB 1 PENDAHULUAN .pdf Download (152kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2014041006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2014041006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014041006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (547kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2014041006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014041006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2014041006-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana motivasi belajar pada mata pelajaran PKn bagi siswa kelas XI di SMK Negeri Bali Mandara, (2) mengetahui bagaimana upaya yang dapat dilakukan pihak sekolah terkait menanamkan motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PKn bagi siswa kelas XI di SMK Negeri Bali Mandara, (3) mengetahui kendala yang dihadapi pihak sekolah terkait menanamkan motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PKn bagi siswa kelas XI di SMK Negeri Bali Mandara. Penelitian ini berlokasi di SMK Negeri Bali Mandara, rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yakni dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam pengolahan data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian adalah (1) Motivasi belajar siswa kelas XI di SMK Negeri Bali Mandara terbilang bagus. Dapat dikatakan bagus karena siswa memiliki respon yang positif di dalam pembelajaran serta antusias dengan pembelajaran PKn baik dari jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT), Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB), dan Teknik Otomotif (TO). Selain itu, dari partisipasi siswa, siswa aktif ketika pembelajaran PKn berlangsung baik itu dari sesi presentasi, sesi tanya jawab dan sesi diskusi. (2) Upaya yang dilakukan sekolah terkait menanamkan motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PKn bagi siswa kelas XI di SMK Negeri Bali Mandara yakni dengan adanya program literasi dan numerasi. Program literasi dan numerasi di awal sangat penting dalam mendukung keberhasilan siswa dalam pembelajaran. (3) Kendala yang dihadapi sekolah terkait menanamkan motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PKn bagi siswa kelas XI di SMK Negeri Bali Mandara, yakni kendalanya ada dari faktor internal dan faktor eksternal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, PPKn |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | I Kadek Suasthawa Dharmayuda |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 07:35 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 07:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19638 |
Actions (login required)
View Item |