Ardana, I Nyoman Wahyu Adi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME INTERAKTIF GESER TARIK RANTAI MAKANAN (GETARKAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031220-COVER.pdf Download (526kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031220-ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031220-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (133kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031220-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2011031220-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031220-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (726kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031220-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031220-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031220-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang memiliki tujuan yakni: (1) untuk menghasilkan bangun ruang media Game Getarkan, (2) untuk menghasilkan media Game Getarkan yang teruji validitasnya, (3) untuk menghasilkan media Game Getarkan yang teruji kepraktisannya, dan (4) untuk menghasilkan media Game Getarkan yang teruji efektivitasnya untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini memakai model ADDIE meliputi 5 tahap yakni: (1) analyze, (2) design, (3) development, (4), implementation, dan (5) evaluation. Pada penelitian ini mengambil subjek media Game interaktif Getarkan, sedangkan objek yang diambil adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas dari media Game interaktif Getarkan. Metode ipengumpulan idata iyang idigunakan iyaitu irating iscale idan ites ihasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) media pengembangan Game interaktif Getarkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,93 dengan kualifikasi validitas tinggi (2) materi pada media Game interaktif Getarkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,91 dengan kualifikasi validitas tinggi, (3) tingkat pencapaian respon guru terhadap media Game interaktif Getarkan memperoleh 3,95 berada pada kategori sangat baik, (4) pencapaian respon siswa pada media Game interaktif Getarkan memperoleh 3,97 dengan kategori sangat baik, dan (5) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t test berkorelasi memperoleh 0,010 < 0,05, sehingga media Game interaktif Getarkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi rantai makanan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran, Game Interaktif Getarkan, Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I NYOMAN WAHYU ADI ARDANA |
Date Deposited: | 22 May 2024 02:35 |
Last Modified: | 22 May 2024 02:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19745 |
Actions (login required)
View Item |