FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RESISTENSI PENGGUNAAN PLATFORM E-COMMERCE “DIGIPAY SATU” (STUDI PADA KPPN SINGARAJA)

Murjana, Ketut Putu Oki (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RESISTENSI PENGGUNAAN PLATFORM E-COMMERCE “DIGIPAY SATU” (STUDI PADA KPPN SINGARAJA). Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2229131007-COVER)
2229131007-Cover.pdf

Download (918kB)
[img] Text (2229131007-ABSTRAK)
2229131007-Abstrak.pdf

Download (28kB)
[img] Text (2229131007-BAB 1 PENDAHULUAN)
2229131007-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (374kB)
[img] Text (2229131007-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229131007-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (2229131007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229131007-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (2229131007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229131007-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB) | Request a copy
[img] Text (2229131007-BAB 5 PENUTUP)
2229131007-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (2229131007-DAFTAR PUSTAKA)
2229131007-Daftar Pustaka.pdf

Download (127kB)
[img] Text (2229131007-LAMPIRAN)
2229131007-Lampiran.pdf

Download (463kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi resistensi penggunaan platform e-commerce digipay satu di lingkungan KPPN Singaraja. Dalam konteks e-commerce, resistensi penggunaan merupakan perlawanan atau ketidaknyamanan yang dialami oleh pengguna terhadap adopsi teknologi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang merupakan pegawai di lingkungan KPPN Singaraja dan pegawai pada Satuan Kerja mitra kerja KPPN Singaraja sebagai pengguna aplikasi Digipay Satu. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang signifikan dalam mempengaruhi resistensi penggunaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai Persepsi berpengaruh negatif terhadap resistensi pengguna digipay satu di KPPN Singaraja. Switching cost berpengaruh positif pada resistensi pengguna Digipay Satu di KPPN Singaraja, keyakinan diri berpengaruh negatif terhadap resistensi pengguna. Dukungan organisasi berpengaruh negatif terhadap resistensi pengguna digipay satu di KPPN Singaraja dan opini Kolega berpengaruh negatif terhadap resistensi pengguna digipay satu di KPPN Singaraja. Implikasi dari temuan ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor yang dapat meningkatkan adopsi dan resitensi penggunaan platform e-commerce di lingkungan KPPN Singaraja serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Resistensi penggunaan, Platform e-commerce, Digipay Satu
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Manajemen (S2)
Depositing User: Ketut Putu Oki Murjana
Date Deposited: 29 May 2024 23:31
Last Modified: 29 May 2024 23:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19817

Actions (login required)

View Item View Item