Puspita, Dewi (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GAME EDUKASI INTERAKTIF “BATUMBUH” BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN IPAS KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031018-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031018-ABSTRAK.pdf Download (619kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (605kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (838kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (859kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031018-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031018-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (592kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031018-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilakukan karena kurangnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif sehingga siswa kurang tertarik dan tidak aktif selama proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini yaitu menciptakan produk berupa game edukasi interaktif “BATUMBUH” berbasis pendekatan kontekstual pada materi bagian tubuh tumbuhan IPAS kelas IV. Jenis penelitian pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Subjek penelitian yaitu 4 ahli, 19 siswa, dan 2 guru. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah kualifikasi game edukasi interaktif “BATUMBUH” berdasarkan uji coba produk dinyatakan sangat baik dari hasil review oleh ahli isi pembelajaran dengan presentase 95%, review ahli desain pembelajaran dengan presentase 91,45%, review ahli media pembelajaran dengan presentase 86,71%, hasil uji coba lapangan dengan presentase 93,5%, dan hasil respon guru dengan presentase 93,3%. Jadi dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Implikasi penelitian ini berdampak pada minat dan ketertarikan siswa saat menggunakan game edukasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Game Edukasi Interaktif, Kontekstual, IPAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Dewi Puspita |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 01:05 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 01:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19846 |
Actions (login required)
View Item |