Oktavia, Indah Olvy (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CPS (CREATIVE PROBLEM SOLVING) BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013011063-COVER.pdf Download (524kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011063-ABSTRAK.pdf Download (107kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011063-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (219kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011063-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011063-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011063-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (522kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011063-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011063-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (253kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011063-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Salah satu penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah kurang maksimalnya penerapan model pembelajaran konvensional oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) berbantuan Geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah ekperimen semu dengan desain penelitian post test only control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kubu tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 234 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII F dan VII G yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 68 siswa. Uji kesetaraan kelas diuji berdasarkan nilai sumatif akhir semester ganjil. Bentuk tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes uraian (essay) dengan jumlah lima butir soal yang diberikan kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada pertemuan akhir penelitian. Data hasil tes kemampuan pemecahan masalah dianalisis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai t_hitung=5,628 lebih dari t_tabel=1,996 sehingga H_0 ditolak. Hal ini berarti kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) berbantuan geogebra memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: CPS (Creative Problem Solving), Geogebra, Kemampuan Pemecahan Masalah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CPS (Creative Problem Solving), Geogebra, Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | INDAH OLVY OKTAVIA |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 09:19 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 09:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20219 |
Actions (login required)
View Item |