Sianto, Yeni (2024) DOMINASI LAKI-LAKI NELAYAN TERHADAP PEREMPUAN KELUARGA NELAYAN DI DESA TEMBOKREJO, BANYUWANGI, DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 1 MUNCAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2014091014-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2014091014-ABSTRAK.pdf Download (220kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2014091014-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (399kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
2014091014-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (522kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2014091014-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014091014-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
2014091014-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014091014-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (456kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2014091014-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) Mengapa dominasi laki-laki nelayan pada perempuan keluarga nelayan Desa Tembokrejo bisa terjadi (2) Bentuk-bentuk dominasi yang terjadi pada perempuan keluarga nelayan dalam masyarakat Desa Tembokrejo (3) Aspek sosial yang bisa dijadikan sebagai sumber belajar di SMA Negeri 1 Muncar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumen. Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) Mengapa dominasi laki-laki nelayan terhadap perempuan keluarga nelayan di Desa Tembokrejo terjadi karena dipengaruhi oleh faktor nature secara alami dan nurture kontruksi yang diciptakan oleh masyarakat. (2) Bentuk-bentuk dominasi yang dialami perempuan Desa Tembokrejo ada dominasi legal rasional dan tradisonal dari Max Weber, dominasi maskulin dari Pierre Bourdieu, dan bentuk-bentuk dominasi subordinasi, marjinalisasi, beban ganda, stereotip, kekerasan dari Dalimoenthe. (3) Aspek-aspek yang dapat dijadikan sumber belajar pada jenjang SMA 1 Muncar di antarannya adalah aspek kognitit, afektif, dan psikomotorik. Aspek kognitif berkaitan dengan melatih pola pikir siswa dalam mempelajari dan menganalisis latar belakang yang menyebabkan dominasi laki-laki nelayan terhadap perempuan keluarga nelayan. Aspek afektif berkaitan dengan minat dan sikap siswa dalam mengambil keputusan ataupun mengambil tindakan sesuai norma. Aspek psikomotorik berkaitan dengan keterampilan motorik siswa tentang cara berkomunikasi dan kecakapan dengan orang lain untuk mempermudah interaksi siswa agar fenomena dominasi laki-laki nelayan terhadap perempuan keluarga nelayan tidak berkembang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | dominasi, perempuan, keluarga nelayan |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1) |
Depositing User: | Yeni Sianto |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 02:30 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 02:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20317 |
Actions (login required)
View Item |