PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA MODEL FLIPPED CLASSROOM DENGAN PENDEKATAN BEKERJA MUNDUR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN EFIKASI DIRI SISWA SMA KELAS XII

Lestari, Nyoman Sri Werdi (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA MODEL FLIPPED CLASSROOM DENGAN PENDEKATAN BEKERJA MUNDUR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN EFIKASI DIRI SISWA SMA KELAS XII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013011054-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013011054-ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011054-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011054-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011054-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011054-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011054-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011054-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013011054-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul matematika dengan pendekatan bekerja mundur (backtracking strategy) untuk meningkatkan pemahaman konsep dan efikasi diri siswa SMA kelas XII. Pengembangan e-modul dilakukan menggunakan model ADDIE dengan bantuan aplikasi Canva. E-modul dikemas dalam bentuk link serta kode QR yang didalamnya terdapat uraian materi, gambar, video pembelajaran, tips and trick, rangkuman, latihan soal dan kuis. Pada proses pengembangan e-modul matematika, uji kevalidan dilakukan dengan angket penilaian LORI, uji kepraktisan dilakukan dengan angket penilaian User Experience Questionnaire (UEQ) serta uji efektivitas dilakukan melalui eksperimen semu dengan pretest-postest control group design. N-Gain Score hasil tes pemahaman konsep dan efikasi diri siswa dianalisis menggunakan Multivariate Analisis of Varience (MANOVA). E-modul menerapkan pendekatan bekerja mundur dalam strategi pemecahan masalahnya guna membuat pemahaman konsep siswa terhadap materi menjadi lebih mudah. E-modul ini disusun berbasis kurikulum 2013 dengan materi peluang kejadian di kelas XII. Hasil dari uji kevalidan materi mendapatkan rata-rata nilai sebesar 4,9 dalam kategori valid sedangkan uji kevalidan media mendapatkan rata-rata sebesar 4,8 dengan kategori sangat valid. Hasil evaluasi kepraktisan e-modul matematika dengan UEQ menunjukkan bahwa e-modul ini dalam kategori praktis. Pengujian efektifitas e-modul dilakukan menggunakan MANOVA dengan bantuan Aplikasi SPSS 25 diperoleh signifikansi pada baris kelas adalah 0,031<0,05, sehingga hipotesis nol ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika dan efikasi diri secara simultan antara yang dibelajarkan dengan modul elektronik dengan siswa yang dibelajarkan dengan modul tercetak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-modul matematika, pendekatan bekerja mundur, peluang kejadian, model ADDIE, pemahaman konsep, efikasi diri.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Nyoman Sri Werdi Lestari
Date Deposited: 09 Jul 2024 11:08
Last Modified: 09 Jul 2024 11:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20403

Actions (login required)

View Item View Item