Diantari, Ni Made Ewik (2024) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP YANG MENGGUNAKAN METODE RESITASI INDIVIDU DENGAN E-LKPD DAN METODE RESITASI KELOMPOK DENGAN E-LKPD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013011041-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011041-ABSTRAK.pdf Download (309kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011041-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (266kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011041-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011041-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (628kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011041-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011041-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011041-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (252kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011041-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih rendahnya hasil belajar matematika pada aspek pengetahuan siswa. Apabila ditelaah penyebabnya bisa bersumber dari siswa, guru, sarana dan prasarana infrastruktur, serta model atau metode pembelajaran yang digunakan. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui perbandingan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metode resitasi individu dengan E-LKPD dan yang menggunakan metode resitasi kelompok dengan E-LKPD. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian adalah kuasi-eksperimental dengan Posttest Equivalent Group. Seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Selemadeg Timur sebanyak 92 orang yang terbagi menjadi 3 kelas yang merupakan populasi dari penelitian ini. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 60 orang siswa yang terbagi menjadi 2 kelas. Uji kesetaraan kelas dari populasi penelitian diuji nilai rata-ratanya dengan berdasarkan nilai sumatif akhir semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP yang terdiri dari 5 item soal. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan uji-t (independent t-test) dengan taraf signifikan 5%. Mengacu pada hasil analisis yang sudah dilakukan, dengan bantuan SPSS 26 diperoleh nilai sig.0,000<0,05 dimana rata-rata posttest yang diperoleh kelas kelompok I adalah 72,61 sedangkan pada kelas kelompok II diperoleh rata-rata 61,00. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP yang dibelajarkan menggunakan metode resitasi kelompok dengan E-LKPD lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP yang dibelajarkan menggunakan metode resitasi individu dengan E-LKPD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Resitasi, Resitasi Individu, Resitasi Kelompok, Hasil Belajar Matematika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Made Ewik Diantari |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 11:12 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 11:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20405 |
Actions (login required)
View Item |