Sari, Ni Kadek Ayu Indah (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013011015-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011015-ABSTRAK.pdf Download (50kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (193kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (735kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011015-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh karakteristik E-LKPD interaktif berbasis problem based learning yang berkualitas valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi trigonometri kelas X SMA. Pengembangan E-LKPD ini menggunakan model pengembangan ADDIE. E-LKPD dikembangan dengan website Liveworksheet. Uji validitas materi dan kelayakan media dilakukan dengan angket penilaian LORI, uji kepraktisan dilakukan dengan angket UEQ (User Experience Questionnaire), dan uji keefektifan dilakukan dengan penilaian ketuntasan dari tes kemampuan pemecahan masalah. E-LKPD yang telah dikembangkan memiliki lima karakteristik, yaitu: (1) E-LKPD menekankan aktivitas pembelajaran yang berbasis masalah sebagai dasar belajar, (2) Fase pembelajaran dalam E-LKPD disesuaikan dengan sintaks pada model problem based learning sehingga mampu memfasilitasi peserta didik dalam memecahkan masalah, (3) E-LKPD yang dikembangkan menuntut peserta didik secara aktif dan mengontruksi pengetahuannya dengan langkah-langkah yang ada pada setiap fase pembelajaran, (4) Proses pemecahan masalah dalam setiap fase pembelajaran bersifat interaktif serta disajikan dengan berbagai jenis cara menjawab, (5) E-LKPD dikembangan dengan website Liveworksheet yang dapat diakses secara digital sehingga tampilan E-LKPD menjadi lebih menarik dan mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pemecahan masalah. Hasil uji kelayakan materi didapatkan rata-rata total sebesar 4,9 pada skala 5 dengan kriteria sangat tinggi. Uji kelayakan media didapatkan rata-rata total sebesar 4,81 pada skala 5 dengan kriteria sangat tinggi. Pada uji kepraktisan yang diberikan kepada 2 orang guru dan 12 peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Tabanan, didapatkan angket pada setiap aspek termasuk kedalam kriteria unggul (excellent). Dari uji keefektifan yang dilakukan, E-LKPD interaktif yang dikembangkan memiliki keefektifan sangat baik dengan persentase ketuntasan peserta didik sebesar 93,75%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD, ADDIE, Liveworksheet, Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Ayu Indah Sari |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 03:39 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 03:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20411 |
Actions (login required)
View Item |