PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERORIENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SINGARAJA

Ananda, Jodi (2024) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERORIENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012011021-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012011021-ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012011021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (131kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012011021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012011021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012011021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012011021-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012011021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012011021-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bagaimanakah pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Singaraja, (2) mendeskripsikan kendala dan strategi pengentasannya dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Sumber data penelitian meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan dokumen perangkat pembelajaran. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut. Pertama, pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 2 Singaraja berdasarkan tahap siap dan tahap berkembang dan terimplementasi dengan baik namun belum maksimal. Hal ini karena dalam implementasinya belum semua tahapan dilaksanakan. Tahapan yang sudah dilaksanakan yakni perancangan ATP yang sudah sesuai dengan ketentuan pemerintah, penerapan pembelajaran yang sudah sesuai dengan melakukan observasi pada materi teks surat resmi, surat pribadi dan teks berita; integrasi tiga cabang penilaian ke dalam pembelajaran penilaian diagnostik, formatif, dan sumatif pembelajaran berdasarkan tingkat pencapaian pembelajaran siswa, yang dilakukan melalui pengajaran berdiferensiasi yang dilakukan oleh guru; kolaborasi antar guru untuk keperluan kurikulum dan pembelajaran dengan melakukan diskusi; dan refleksi, evaluasi, dan peningkatan kualitas implementasi kurikulum dengan mengadakan workshop mandiri. Sedangkan tahapan yang belum diimplementasikan adalah kendala yang dialami SMP Negeri 2 Singaraja dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka meliputi kendala perencanaan pembelajaran, kendala mengakses Platform Merdeka Mengajar, kendala tidak adanya pelatihan secara luring, kendala menyusun ATP, kendala menyusun modul ajar, kendala perencanaan asesmen diagnostik, dan kendala penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Meskipun demikian, guru telah memiliki strategi untuk mengatasi tujuh kendala tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Bahasa Indonesia, Kurikulum Merdeka.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Jodi Ananda
Date Deposited: 10 Jul 2024 01:47
Last Modified: 10 Jul 2024 01:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20420

Actions (login required)

View Item View Item