Ahmad, Agil Muliadi (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SD KELAS V DI GUGUS SRIKANDI KECAMATAN PEKUTATAN KABUPATEN JEMBRANA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031300-COVER.pdf Download (251kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031300-ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031300-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (131kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031300-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031300-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031300-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031300-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031300-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (82kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031300-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Group Investigation dengan kelompok siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan model pembelajran Group Investigation. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain non- equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD di Gugus Srikandi Kecamatan Pekutatan dan sampel penelitian didapatkan dengan teknik random sampling, dan hasinya didapatkan SD N 2 Medewi dan SD N 2 Pulukan. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dengan instrument tes hasil belajar IPA. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajaran menggunakan model pembelajaran Group Investigation deangan kelompok siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran Group Investigation. Hal ini diketahui dari hasil analisis hipotesis dengan uji-t, nilai signifikansi < 0,05 dan skor rata-rata siswa yang belajar dengan model pembelajaran Group Investigation lebih tinggi yaitu 21,75 sedangkan skor rata-rata kelompok siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran Group Investigation yaitu 15,84. Jadi, model pembelajaran pembelajaran Group Investigation berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V di Gugus Srikandi Kecamatan Pekutatan Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Group Investigation, hasil belajar, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Agil Muliadi Ahmad |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 01:12 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 01:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20491 |
Actions (login required)
View Item |