Cahyani, Ni Putu Candra (2024) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Digital berbasis Model ICARE berbantuan Book Creator untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dan Efikasi Diri Siswa Kelas X. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2023011006-COVER.pdf Download (810kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2023011006-ABSTRAK.pdf Download (227kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2023011006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (472kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2023011006-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2023011006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (641kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2023011006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2023011006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2023011006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (336kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2023011006-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Candra Cahyani, Ni Putu (2024), Pengembangan Perangkat Pembelajaran Digital berbasis Model ICARE berbantuan Book Creator untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dan Efikasi Diri Siswa Kelas X. Tesis.Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I Nengah Suparta, M.Si. dan Pembimbing II: Prof. Dr. I Gusti Putu Suharta, M.Si. Kata-kata kunci: Perangkat Pembelajaran Digital, Model ICARE, Pemecahan Masalah, Efikasi Diri. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan model Plomp dengan tiga fase yaitu Preliminary Research, Prototyping, dan Assesment. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan karakteristik perangkat pembelajaran digital dan karakteristik pelaksanaan pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran digital berbasis model ICARE dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan efikasi diri siswa. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Blahbatuh yang secara umum memiliki karakteristik dalam belajar matematika dan memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika dan tingkat efikasi diri yang masih rendah. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan observasi, lembar keterlaksanaan, angket respon guru dan siswa, tes pemecahan masalah matematika, dan angket efikasi diri siswa. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif yaitu teknik analisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) Hasil validitas modul ajar sebesar 3,75 dan buku siswa sebesar 3,85 (valid); (ii) Kepraktisan pada uji coba terbatas, uji lapangan I, dan uji lapangan II berturut-turut menggunakan lembar keterlaksanaan diperoleh 3.22, 3.25, dan 3.32 (praktis); kepraktisan dengan angket respon siswa diperoleh 3.11, 3.14, dan 3.17 (praktis); dan angket respon guru diperoleh 3.25, 3.67, dan 3.75 (ketiganya praktis); dan (iii) Keefektifan dapat dilihat dari rata-rata skor tes pemecahan masalah dan tingkat efikasi diri siswa di setiap pertemuan pada masing-masing uji coba mengalami kenaikan dan termasuk ke kategori tuntas. Karakteristk perangkat yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu (1) perangkat pembelajaran bersifat digital (2) fokus pada peningkatakan kemampuan pemecahan masalah matematika dan efikasi diri siswa, (3) menggunakan model ICARE, (4) mengintegrasikan teknologi, dan (5) memperhatikan diferensisasi siswa. Karakteristik pelaksanaan pembelajaran menggunakan perangkat ini meliputi: (1) eksplorasi manfaat pembelajaran, (2) kegiatan berdiferensiasi, (3) memecahkan permasalah yang ada pada buku siswa digital menggunakan indikator pemecahah masalah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perangkat Pembelajaran Digital, Model ICARE, Pemecahan Masalah, Efikasi Diri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Ni Putu Candra Cahyani |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 14:37 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 14:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20543 |
Actions (login required)
View Item |