Veninda Ayu, Amalia (2024) DEVELOPING INSTRUMENTS ASSESSMENT BASED ON EMANCIPATED CURRICULUM FOR 10th GRADE STUDENTS IN SECOND SEMESTER OF SENIOR HIGH SCHOOL IN BULELENG REGENCY. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021151-COVER.pdf Download (954kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021151-ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021151-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (141kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021151-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021151-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021151-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021151-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021151-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012021151-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kebutuhan siswa dan guru, (2) mengembangkan materi pembelajaran bahasa Inggris yang dibedakan dalam bentuk buku untuk siswa kelas 10 SMA semester satu berdasarkan Kurikulum Merdeka, dan (3 ) untuk mengetahui kualitas materi pembelajaran bahasa Inggris berdiferensiasi yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model Design and Development oleh Richey dan Klein (2008) sebagai landasan metodologinya. Model desain dan pengembangan memiliki empat tahap: analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. Data yang diperoleh dari penelitian ini menggunakan instrumen berupa pedoman wawancara, angket, dan dokumen. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode kualitatif oleh Miles, Huberman, & Saldaña, (2014), dan secara kuantitatif menggunakan rumus dari Nurkancana dan Sunartana, (1992). Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) ditemukan empat kebutuhan utama siswa dan guru, keempat kebutuhan tersebut menjadi dasar peneliti untuk mengembangkan produk, (2) perancangan dibuat menggunakan cetak biru yang sesuai dengan hasil analisis kebutuhan, dan pengembangan produk menggunakan aplikasi Canva, (3) kualitas produk diukur dengan expert judgement dan user judgement, dengan nilai produk tergolong “Sangat Baik” menunjukkan bahwa produk tersebut valid untuk digunakan dalam pembelajaran yang dibedakan berdasarkan gaya belajar guru dan siswa. Kata Kunci: Gaya Belajar, Kurikulum Merdeka, Materi Bahasa Inggris, Pembelajaran Diferensiasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Belajar, Kurikulum Merdeka, Materi Bahasa Inggris, Pembelajaran Diferensiasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | VENINDA AYU AMALIA |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 00:50 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 00:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20548 |
Actions (login required)
View Item |