PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII H SMP NEGERI 1 SAWAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Sembiring, Tita Juisa (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII H SMP NEGERI 1 SAWAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2017011086_COVER.pdf

Download (473kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2017011086_ABSTRAK.pdf

Download (51kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2017011086_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (145kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2017011086_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2017011086_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2017011086_ BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2017011086_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2017011086_DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (121kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2017011086_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengujikan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Sawan tahun ajaran 2023/2024 melalui implementasi model Problem Based Learning. Subjek penelitian ini mengambil 35 orang siswa yang terbagi atas, 18 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Studi ini tergolong penelitian tindakan kelas (PTK) yang merujuk kepada model Kemmis dan Taggart. Studi ini melaksanakan 2 siklus yang terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik untuk mendapatkan datanya memanfaatkan metode tes, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Data penelitian berupa hsail belajar kognitif yang diambil dengan teknik tes berupa 5 butir soal essay. Data yang sudah berhasil terkumpul, kemudian diolah melalui penggunaan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil studi inipun telah membuktikan, hasil belajar berdasarkan ketuntasan klasikal pada sikus I sebesar 74,29% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,72% dan lebih tinggi dibandingkan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa ketika pengamatan awal yaitu sebanyak 71,42%. Tanggapan siswa tentang penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) bernilai 82, 54 masuk pada kriteria sangat positif. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Sawan tahun ajaran 2023/2024. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1)
Depositing User: TITA JUISA SEMBIRING
Date Deposited: 16 Jul 2024 05:21
Last Modified: 16 Jul 2024 05:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20603

Actions (login required)

View Item View Item