Pengembangan Media Bimbingan Klasikal Berbasis Video Animasi Dengan Teknik Self Understanding Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Kelas XI SMA

Pramana, I Gede Wahyu (2024) Pengembangan Media Bimbingan Klasikal Berbasis Video Animasi Dengan Teknik Self Understanding Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Kelas XI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011011007-COVER.pdf

Download (660kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011011007-ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2011011007-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (378kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2011011007-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2011011007-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011011007-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2011011007-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011011007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (387kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011011007-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Studi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perencanaan karir siswa SMA, serta pemanfaatan media atau teknolog pada kegiatan pemberian layanan yang belum optimal. Penelitian pengembangan ini memiliki empat tujuan, yaitu: (1) menghasilkan prototype media bimbingan klasikal berbasis video animasi dengan teknik self-understanding, (2) menganalisis validitas isi media bimbingan klasikal berbasis video animasi dengan teknik self-understanding, (3) menganalisis respon siswa terhadap media bimbingan klasikal berbasis video animasi dengan teknik self-understanding, dan (4) menganalisis efektivitas media bimbingan klasikal berbasis video animasi dengan teknik self-understanding untuk meningkatkan perencanaan karir siswa SMA. Studi pengembangan ini mempergunakan model ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Studi ini mengambil subjek media bimbingan klasikal berbasis video animasi dengan teknik self-understanding, sedangkan objek penelitian pengembangan adalah validitas isi media, isi materi, respon pengguna, dan efektivitas media. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan angket/kuisioner. Instrumen yang dipergunakan untuk mengumpulkan data yaitu pedoman observasi, lembar rating scale, pedoman wawancara, lembar dan angket/kuisioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) media bimbingan klasikal berbasis video animasi dengan teknik self-understanding yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,93 dengan kualifikasi validitas isi tinggi, (2) materi pada isi media bimbingan klasikal berbasis video animasi dengan teknik self-understanding yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,96 dengan kualifikasi validitas isi tinggi, (3) tingkat pencapaian respon siswa terhadap media bimbingan klasikal berbasis video animasi dengan teknik self-understanding adalah sebesar 84,34% dengan kualifikasi baik, dan (4) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi memperoleh skor sebesar 0,112 atau p < 0,05 (taraf signifikansi 5%), sehingga media bimbingan klasikal berbasis video animasi dengan teknik self-understanding efektif guna meningkatkan perencanaan karir siswa kelas XI SMA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan, Media Bimbingan Klasikal, Video Animasi, Teknik Self-Understanding, Perencanaan Karir.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: I Gede Wahyu Pramana
Date Deposited: 24 Jul 2024 12:28
Last Modified: 24 Jul 2024 12:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20748

Actions (login required)

View Item View Item