Pramana, I Gede Wahyu (2024) Pengembangan Media Bimbingan Klasikal Berbasis Video Animasi Dengan Teknik Self Understanding Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Kelas XI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011011007-COVER.pdf Download (660kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011011007-ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2011011007-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (378kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2011011007-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (395kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2011011007-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (650kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011011007-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (725kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
2011011007-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011011007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (387kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011011007-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Studi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perencanaan karir siswa SMA, serta pemanfaatan media atau teknolog pada kegiatan pemberian layanan yang belum optimal. Penelitian pengembangan ini memiliki empat tujuan, yaitu: (1) menghasilkan prototype media bimbingan klasikal berbasis video animasi dengan teknik self-understanding, (2) menganalisis validitas isi media bimbingan klasikal berbasis video animasi dengan teknik self-understanding, (3) menganalisis respon siswa terhadap media bimbingan klasikal berbasis video animasi dengan teknik self-understanding, dan (4) menganalisis efektivitas media bimbingan klasikal berbasis video animasi dengan teknik self-understanding untuk meningkatkan perencanaan karir siswa SMA. Studi pengembangan ini mempergunakan model ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Studi ini mengambil subjek media bimbingan klasikal berbasis video animasi dengan teknik self-understanding, sedangkan objek penelitian pengembangan adalah validitas isi media, isi materi, respon pengguna, dan efektivitas media. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan angket/kuisioner. Instrumen yang dipergunakan untuk mengumpulkan data yaitu pedoman observasi, lembar rating scale, pedoman wawancara, lembar dan angket/kuisioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) media bimbingan klasikal berbasis video animasi dengan teknik self-understanding yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,93 dengan kualifikasi validitas isi tinggi, (2) materi pada isi media bimbingan klasikal berbasis video animasi dengan teknik self-understanding yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,96 dengan kualifikasi validitas isi tinggi, (3) tingkat pencapaian respon siswa terhadap media bimbingan klasikal berbasis video animasi dengan teknik self-understanding adalah sebesar 84,34% dengan kualifikasi baik, dan (4) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi memperoleh skor sebesar 0,112 atau p < 0,05 (taraf signifikansi 5%), sehingga media bimbingan klasikal berbasis video animasi dengan teknik self-understanding efektif guna meningkatkan perencanaan karir siswa kelas XI SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pengembangan, Media Bimbingan Klasikal, Video Animasi, Teknik Self-Understanding, Perencanaan Karir. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | I Gede Wahyu Pramana |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 12:28 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 12:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20748 |
Actions (login required)
View Item |