PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP

Pradnyana, I Dewa Gede Budhi (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013071001-COVER.pdf

Download (285kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013071001-ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013071001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (159kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013071001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013071001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013071001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013071001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013071001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013071001-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan keterampilan proses sains antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Desain penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Singaraja tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian berjumlah 138 siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling sebanyak empat kelas yaitu siswa kelas VIII A8 dan VIII A3 sebagai kelompok eksperimen, VIII A10 dan VIII A4 sebagai kelompok kontrol. Data keterampilan proses sains dikumpulkan melalui instrumen tes dengan soal pilihan ganda. Data keterampilan proses sains dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Statistik inferensial menggunakan uji T Sampel Bebas (Independent Sample T Test) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian memperoleh nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen sebesar 78,09 termasuk kategori baik, sedangkan kelompok kontrol sebesar 71,56 termasuk kategori cukup. Nilai rata-rata N-Gain score kelompok eksperimen dan kelompok kontrol secara berturut-turut sebesar 0,53 dan 0,37 dengan kedua nilai berada pada kualifikasi sedang. Uji T Sampel Bebas memperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,004 kurang dari taraf signifikansi 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran REACT dan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran REACT, pembelajaran konvensional, keterampilan proses sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: I Dewa Gede Budhi Pradnyana
Date Deposited: 22 Jul 2024 00:11
Last Modified: 22 Jul 2024 00:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20833

Actions (login required)

View Item View Item