PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP NALAR KRITIS DAN LITERASI SAINS SISWA KELAS IV SD

Putri, Nyoman Prasilia Ariandi (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP NALAR KRITIS DAN LITERASI SAINS SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031127-COVER.pdf

Download (713kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031127-ABSTRAK.pdf

Download (302kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031127-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (166kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031127-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031127-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031127-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031127-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031127-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031127-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) perbedaan nalar kritis dan literasi sains antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Model Project Based Learning berbantuan video pembelajaran dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Model Direct Learning, (2) perbedaan nalar kritis antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Model Project Based Learning berbantuan video pembelajaran dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Model Direct Learning, (3) perbedaan literasi sains antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Model Project Based Learning berbantuan video pembelajaran dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Model Direct Learning di kelas IV SD di Gugus IV, Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan desain Posttest-Only Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD di Gugus IV, Kecamatan Buleleng. Sampel penelitian adalah kelas IV SDN 1 Banyuasri sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SDN 4 Banyuasri sebagai kelompok kontrol yang diperoleh dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial yang menggunakan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata skor nalar kritis pada kelompok eksperimen (89,03) lebih besar dari kelompok kontrol (65,16) dan rata-rata skor literasi sains pada kelompok eksperimen (80,34) lebih besar dari kelompok kontrol (69,03). Dan berdasarkan hasil analisis MANOVA data nalar kritis dan literasi sains menunjukkan bahwa nilai F hitung untuk Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, dan Roy's Largest Root signifikan (0,000) lebih kecil dari (sig. 0,05). Dengan demikian, pembelajarn dengan Model Project Based Learning berbantuan video pembelajaran berpengaruh terhadap nalar kritis dan literasi sains siswa kelas IV SD di Gugus IV, Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: Model Project Based Learning, Video Pembelajaran, Nalar Kritis, Literasi Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NYOMAN PRASILIA ARIANDI PUTRI
Date Deposited: 23 Jul 2024 08:14
Last Modified: 23 Jul 2024 08:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20960

Actions (login required)

View Item View Item