ANALISIS PENGARUH VARIASI BENTUK ROLLER TERHADAP GAYA GESEK TRANSMISI CVT MENGGUNAKAN SOFTWARE SOLIDWORKS

Simaremare, Van Mayer Panji Putra (2024) ANALISIS PENGARUH VARIASI BENTUK ROLLER TERHADAP GAYA GESEK TRANSMISI CVT MENGGUNAKAN SOFTWARE SOLIDWORKS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1715071014-COVER.pdf

Download (881kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1715071014-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715071014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (38kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715071014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715071014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715071014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1715071014-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715071014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1715071014-LAMPIRAN.pdf

Download (267kB)

Abstract

Abstrak Dalam penelitian ini dilakukan analisis gaya gesek pada roller standar, roller sliding, dan roller racing menggunakan software Solidworks 2022 dengan material yang sama yaitu nylon 101 dengan beban pegas CVT sebesar 4 N dan gaya dorong roller sebesar 1 N. Dengan tujuan mengetahui roller mana yang memiliki gaya gesek terbesar dan roller yang menghasilkan gaya gesek terkecil. Setelah proses analisis dilakukan, didapatkan besar gaya gesek minimum roller standar 0.272 N dan gaya gesek maksimum sebesar 7.62 N. Untuk roller sliding besar gaya gesek minimum 0.05 N dan besar gaya gesek maksimum 3.17 N. Untuk roller racing memiliki gaya gesek minimum sebesar 0.282 N dan gaya gesek maksimum sebesar 6.96 N. Dari hasil penelitian tersebut didapatkan jumlah median dari roller standar sebesar 3.27 N, roller sliding sebesar 1.76 N, dan roller racing sebesar 5.14 N. Dengan demikian maka diketahui roller yang menghasilkan gaya gesek paling besar adalah roller racing dan roller yang menghasilkan gaya gesek paling kecil adalah roller sliding. Dan diketahui bentuk roller sangat mempengaruhi gaya gesek yang terjadi pada sistem transmisi CVT, dibuktikan dengan adanya sedikit perbedaan bentuk roller antara roller standar dengan roller racing tetapi menghasilkan gaya gesek yang jauh berbeda. Kata kunci : Transmisi CVT, Roller Sliding, Solidworks 2022, Analisis gaya gesek, Variasi bentuk roller

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Transmisi CVT, Roller Sliding, Solidworks 2022, Analisis Gaya Gesek, Variasi Bentuk Roller
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1)
Depositing User: VAN MAYER PANJI PUTRA SIMAREMARE
Date Deposited: 23 Jul 2024 21:50
Last Modified: 23 Jul 2024 21:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21018

Actions (login required)

View Item View Item