Ramadhan, Syafri (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI POWTOON PADA MATERI BIOTEKNOLOGI DI KELAS XII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013041032-COVER.pdf Download (468kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013041032-ABSTRAK.pdf Download (58kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013041032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (253kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013041032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013041032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013041032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013041032-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013041032-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (125kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013041032-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Media buku paket, LKS (lembar kerja siswa) dan papan tulis masih menjadi media pembelajaran yang sering digunakan sedangkan persentase dari hasil studi pendahuluan bahwa 96,8% peserta didik lebih tertarik dan antusias apabila video animasi interaktif digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain, kelayakan, dan kepraktisan pengembangan media pembelajaran video animasi interaktif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (Penelitian dan pengembangan) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini menggunakan perhitungan rating scale untuk uji kelayakan oleh satu ahli media dan satu ahli materi serta perhitungan skala likert untuk uji kepraktisan oleh satu guru biologi dan 15 peserta didik. Hasil uji kelayakan ahli media jika dihitung secara persentase mendapatkan nilai 93,75% yang berkategori sangat layak. Hasil uji kelayakan ahli materi jika dihitung secara persentase mendapatkan nilai 84,38% yang berkategori sangat layak. Hasil uji kepraktisan guru jika dihitung secara persentase mendapatkan nilai 96,67% yang berkategori sangat praktis. Hasil uji kepraktisan peserta didik jika dihitung secara persentase mendapatkan nilai 90,10% yang berkategori sangat praktis. Maka, dapat dikatakan bahwa pengembangan media pembelajaran video animasi interaktif menggunakan aplikasi powtoon pada materi bioteknologi kelas XII yang dikembangkan sudah sangat layak dan sangat praktis jika digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: desain, kelayakan, kepraktisan, powtoon, video animasi interaktif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | SYAFRI RAMADHAN |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 15:39 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 15:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21024 |
Actions (login required)
View Item |