Batistuta, Andreas (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN KELAS XI SMK NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2015071022-COVER.pdf Download (917kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2015071022-ABSTRAK.pdf Download (233kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2015071022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (230kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2015071022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (913kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2015071022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (579kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015071022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2015071022-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015071022-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2015071022-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan produk ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul interaktif berbasis proyek dan menguji tingkat kelayakan dan kepraktisannya sebagai media pembelajaran digital suplemen dari media pembelajaran yang sudah ada sebelumnya. E-Modul ini didesain untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam konsep teknik pemesinan khususnya pada materi mesin bubut dan peningkatan kemampuan siswa dalam mengaplikasikan teori ke dalam praktik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan produk yang dilakukan dengan menggunakan model penelitian 4D yang terdiri dari define, design, development, dan disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Modul interaktif berbasis proyek ini masuk dalam kategori sangat layak menurut para ahli materi dan ahli media pembelajaran dengan nilai rata-rata tingkat kelayakan sebesar 89,16% dan 85%, dan masuk dalam kategori praktis berdasarkan penilaian kelompok kecil dan kelompok besar dengan nilai rata-rata tingkat kepraktisan 89,66% dan 94,66%. Hasil ini menunjukkan bahwa E-Modul interaktif berbasis proyek ini dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran alternatif pendukung proses pembelajaran dalam usaha peningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul Interaktif, Teknik Pemesinan, Mesin Bubut, Model Pembelajaran Berbasis Proyek. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | ANDREAS BATISTUTA |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 21:40 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 21:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21029 |
Actions (login required)
View Item |