Pegia, Feby Novitasari (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STEAM UNTUK MENGEMBANGKAN KONSEP MATEMATIKA DAN KREATIVITAS ANAK DI TK NEGERI MODEL TERPADU MADANI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229171007-COVER.pdf Download (443kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229171007-ABSTRAK.pdf Download (169kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229171007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (68kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229171007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229171007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229171007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (628kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229171007-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229171007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (107kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229171007-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh metode pembelajaran STEAM terhadap perkembangan konsep matematika anak di kelompok B TK Negeri Model Terpadu dan, (2) pengaruh metode pembelajaran STEAM terhadap perkembangan kreativitas anak di kelompok B TK Negeri Model Terpadu Madani. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre eksperimental dengan desain one group pre test dan psotest. Populasi pada penelitian ini adalah 90 anak TK kelompok B di TK Negeri Model Terpadu Madani. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sehingga jumlah sampel pada penelitian ini adalah 60 anak TK kelompok B. Data Konsep Matematika dan Kreativitas Anak diambil menggunakan lembar checklist rating dengan skala penilaian 1-4. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis dengan uji t dua sampel berpasangan (two sample paired t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode STEAM yang diterapkan berpengaruh signifikan terhadap konsep matematika anak usia dini Kelas B di TK Negeri Model Terpadu Madani dengan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 < α (0,05) (2) Metode STEAM yang diterapkan berpengaruh signifikan terhadap kreativitas anak usia dini Kelas B di TK Negeri Model Terpadu Madani dengan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 < α (0,05).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran STEAM, Konsep Matematika, Kreativitas Anak, Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (S2) |
Depositing User: | Feby Novitasari Pegia |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 00:26 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 00:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21049 |
Actions (login required)
View Item |