EMANCIPATING THE STUDENTS: THE DEVELOPMENT OF DIFFERENTIATED ASSESSMENT INSTRUMENTS FOR 7TH-GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL

Ari Yunita Dewi, Ni Komang (2024) EMANCIPATING THE STUDENTS: THE DEVELOPMENT OF DIFFERENTIATED ASSESSMENT INSTRUMENTS FOR 7TH-GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012021127-COVER.pdf

Download (530kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012021127-ABSTRAK.pdf

Download (225kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021127-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (234kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021127-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021127-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021127-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021127-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021127-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012021127-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen penilaian berdiferensiasi untuk menilai siswa kelas 7 SMP, khususnya semester II berdasarkan gaya belajarnya: visual, auditori, baca/tulis, dan kinestetik, serta metode pembelajaran abad ke-21 seperti pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran berbasis proyek, dan pembelajaran berbasis penemuan dalam Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode Design and Development (DnD) oleh Richey and Klein (2007) dengan model ADDE untuk mengembangkan produk. Prosedur dari model ADDE adalah Analysis, Design, Development, dan Evaluation. Subyek dalam penelitian ini adalah satu orang guru bahasa Inggris dan 33 siswa kelas tujuh SMP di SMPN 1 Sukasada. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara guru, angket siswa, dan analisis dokumen. Hasil dari analisis data yang telah dilakukan, digunakan sebagai dasar untuk merancang matriks. Rancangan matriks yang telah dibuat kemudian dijadikan sebagai dasar untuk mengembangkan instrumen penilaian berdiferensiasi dalam bentuk buku. Produk yang telah dikembangkan melalui tahap evaluasi untuk mengetahui kualitas dari produk tersebut. Tahap evaluasi dilakukan oleh dua orang ahli (dosen bahasa Inggris) dan satu orang pengguna (guru bahasa Inggris). Hasil dari evaluasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan masuk dalam kategori excellent. Produk instrumen penilaian berdiferensiasi yang telah dibuat dinyatakan layak dan dapat digunakan oleh guru untuk menilai proses pembelajaran bahasa Inggris siswa khususnya pada semester kedua. Kata kunci: penilaian berdiferensiasi, instrumen penilaian, gaya belajar, metode pembelajaran abad ke-21

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: penilaian berdiferensiasi, instrumen penilaian, gaya belajar, metode pembelajaran abad ke-21.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Komang Ari Yunita Dewi
Date Deposited: 24 Jul 2024 00:13
Last Modified: 24 Jul 2024 00:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21072

Actions (login required)

View Item View Item