PENGARUH PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER-EKSPOSITORI BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMA NEGERI 1 SERIRIT

Sariani, Ni Putu (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER-EKSPOSITORI BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMA NEGERI 1 SERIRIT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013011003-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013011003-ABSTRAK.pdf

Download (934kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013011003-LAMPIRAN.pdf

Download (20MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Advance Organizer - Ekspositori berbantuan Geogebra terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan post test only control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Seririt tahun ajaran 2023/2024 yang tersebar ke dalam sebelas kelas dengan siswa sebanyak 391 orang. Kelas eksperimen dan kelas kontrol merupakan dua kelas yang digunakan dalam penelitian ini. Kelas eksperimen X 2 berjumlah 36 siswa dan kelas kontrol X 6 berjumlah 36 siswa. Cluster random sampling digunakan untuk menentukan sampel penelitian. Kelas eksperimen dan kelas kontrol dianggap setara melalui perhitungan NA (Nilai Akhir). Skor pemahaman konsep matematis siswa menggunakan tes pilihan ganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dengan taraf signifikansi = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data tes, dari kemungkinan skor 100, rata-rata skor posttest kelas eksperimen adalah 75 (kategori baik sekali), sedangkan kelas kontrol rata-rata skornya adalah 66,94 (kategori cukup). Nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen pada pemahaman konsep matematika lebih besar dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, hitung t_hitung>t_tabel (2,029 1,994). Temuan ini menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran Advanced Organizer - Ekspositori dengan dukungan Geogebra memiliki pemahaman konsep matematika yang lebih baik dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Advance Organizer – Ekspositori, pemahaman konsep matematis, Geogebra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Putu Sariani
Date Deposited: 24 Jul 2024 04:35
Last Modified: 24 Jul 2024 04:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21115

Actions (login required)

View Item View Item