Sariani, Ni Putu (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER-EKSPOSITORI BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMA NEGERI 1 SERIRIT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013011003-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011003-ABSTRAK.pdf Download (934kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011003-LAMPIRAN.pdf Download (20MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Advance Organizer - Ekspositori berbantuan Geogebra terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan post test only control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Seririt tahun ajaran 2023/2024 yang tersebar ke dalam sebelas kelas dengan siswa sebanyak 391 orang. Kelas eksperimen dan kelas kontrol merupakan dua kelas yang digunakan dalam penelitian ini. Kelas eksperimen X 2 berjumlah 36 siswa dan kelas kontrol X 6 berjumlah 36 siswa. Cluster random sampling digunakan untuk menentukan sampel penelitian. Kelas eksperimen dan kelas kontrol dianggap setara melalui perhitungan NA (Nilai Akhir). Skor pemahaman konsep matematis siswa menggunakan tes pilihan ganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dengan taraf signifikansi = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data tes, dari kemungkinan skor 100, rata-rata skor posttest kelas eksperimen adalah 75 (kategori baik sekali), sedangkan kelas kontrol rata-rata skornya adalah 66,94 (kategori cukup). Nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen pada pemahaman konsep matematika lebih besar dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, hitung t_hitung>t_tabel (2,029 1,994). Temuan ini menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran Advanced Organizer - Ekspositori dengan dukungan Geogebra memiliki pemahaman konsep matematika yang lebih baik dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Advance Organizer – Ekspositori, pemahaman konsep matematis, Geogebra |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Sariani |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 04:35 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 04:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21115 |
Actions (login required)
View Item |