ANALISIS KUALITAS PELAYANAN BERDASARKAN GUEST COMMENT DI SIX SENSES ULUWATU, BALI

Thoyyib, Alfiyan Irsyad (2024) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN BERDASARKAN GUEST COMMENT DI SIX SENSES ULUWATU, BALI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2015011019-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2015011019-ABSTRAK.pdf

Download (764kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2015011019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2015011019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2015011019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (859kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015011019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2015011019-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015011019-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2015011019-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis data persepsi kualitas pelayanan berdasarkan guest comment di Six Senses Uluwatu, Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif dan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Data primer dalam penelitian ini adalah guest comment yang berada pada website agoda.com mengenai kualitas pelayanan Six Senses Uluwatu, Bali. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pelayanan pada dimensi responssiveness dinilai cukup baik yang disebabkan masih adanya keluhan tamu mengenai kurangnya kesadaran host/staf Six Senses Uluwatu, Bali dalam menangani permasalahan tamu. Pada dimensi assurance, pelayanan Six Senses Uluwatu, Bali mendapatkan persentase tertinggi pada ulasan positif sehingga dinilai memberikan pelayanan yang sangat baik dan menjadi salah satu dimensi terpenting dari kelima dimensi kualitas pelayanan. Penerapan dimensi tangible pada pelayanan di Six Senses Uluwatu, Bali dinilai perlu ditingkatkan lebih baik menurut para tamu dengan melakukan pemeliharaan rutin dan pembersihan secara mendetail serta dimensi tangible menjadi dimensi yang paling sering dibahas dari kelima dimensi lainnya sehingga dimensi ini menjadi dimensi terpenting di Six Senses Uluwatu, Bali. Pada dimensi empathy dinilai dapat mempengaruhi menurunnya kualitas pelayanan berdasarkan nilai pada ulasan yang diunggah oleh tamu pada website agoda.com sehingga dimensi empathy menjadi salah satu penentu kuat dalam penilaian kualitas pelayanan. Penerapan pelayanan pada dimensi reliability dinilai masih kurang optimal karena beberapa tamu mendapatkan pelayanan yang tidak sesuai yang dijanjikan. Dimensi reliability diindikasi dapat berkontribusi dalam menurunkan loyalitas pelanggan yang disebabkan pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan yang dijanjikan dan foto kamar yang ada di website berbeda dengan yang didapatkan pelanggan sehingga berdampak pada penilaian yang diunggah para tamu pada website agoda.com

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Guest comment, Six Senses Uluwatu, Bali
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1)
Depositing User: Alfiyan Irsyad Thoyyib
Date Deposited: 24 Jul 2024 04:03
Last Modified: 24 Jul 2024 04:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21121

Actions (login required)

View Item View Item