Adi Wiguna Putra, I Nengah (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X MIPA SMA NEGERI 2 SEMARAPURA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613011101-COVER.pdf Download (798kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613011101-ABSTRAK.pdf Download (426kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011101-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (509kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011101-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011101-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (589kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011101-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011101-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011101-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613011101-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Matematika Knisley terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian yang diguakan adalah eksperimen semu dengan desian penelitian post-test only control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 2 Semarapura Tahun Ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Kelas X MIPA 2 digunakan sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIPA 3 digunakan sebagai kelompok kontrol. Data kemampuan berpikir kritis peserta didik diperoleh melalui pemberian tes kemampuan berpikir kritis yang berbentuk uraian kepada kedua kelompok sampel. Data penelitian dianalisis menggunakan uji-t satu ekor dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil analisis menggunakan uji-t satu ekor pada taraf signifikansi 5%, diperoleh hasil bahwa t_hitung=2,615>t_tabel=1,667. Hal ini berarti kemampuan berpikir kritis peserta didik yang mengikuti model pembelajaran Matematika Knisley lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kritis peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran Matematika Knisley berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Matematika Knisley, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | I Nengah Adi Wiguna Putra |
Date Deposited: | 25 Jul 2020 12:26 |
Last Modified: | 25 Jul 2020 12:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2114 |
Actions (login required)
View Item |