PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X MIPA SMA NEGERI 2 SEMARAPURA

Adi Wiguna Putra, I Nengah (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X MIPA SMA NEGERI 2 SEMARAPURA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613011101-COVER.pdf

Download (798kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613011101-ABSTRAK.pdf

Download (426kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011101-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (509kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011101-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011101-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011101-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011101-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011101-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011101-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Matematika Knisley terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian yang diguakan adalah eksperimen semu dengan desian penelitian post-test only control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 2 Semarapura Tahun Ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Kelas X MIPA 2 digunakan sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIPA 3 digunakan sebagai kelompok kontrol. Data kemampuan berpikir kritis peserta didik diperoleh melalui pemberian tes kemampuan berpikir kritis yang berbentuk uraian kepada kedua kelompok sampel. Data penelitian dianalisis menggunakan uji-t satu ekor dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil analisis menggunakan uji-t satu ekor pada taraf signifikansi 5%, diperoleh hasil bahwa t_hitung=2,615>t_tabel=1,667. Hal ini berarti kemampuan berpikir kritis peserta didik yang mengikuti model pembelajaran Matematika Knisley lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kritis peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran Matematika Knisley berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Matematika Knisley, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I Nengah Adi Wiguna Putra
Date Deposited: 25 Jul 2020 12:26
Last Modified: 25 Jul 2020 12:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2114

Actions (login required)

View Item View Item