Prisila, Kadek (2024) VISIBILITAS DAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PJOK DI SEKOLAH DASAR(SD) SE-KECAMATAN BULELENG. Undergraduate thesis, universitas pendidikan ganesha.
Text (COVER)
2016011032-COVER.pdf Download (853kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2016011032-ABSTRAK.pdf Download (134kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2016011032-BAB 1 PANDAHULUAN.pdf Download (169kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2016011032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2016011032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2016011032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (706kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2016011032-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2016011032-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2016011032-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan kegiatan yang melibatkan peserta didik dalam aktivitas jasmani bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan meningkatkan motorik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui visibilitas dan efektivitas Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar (SD) Se-Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian Deskriptif – kuantitatif dengan sampel 45 sekolah dari populasi 75 sekolah. Dengan menggunakan metode pengambilan berupa survei, observasi, studi dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini dari segi visibilitas dan efektivitas dari segi visibilitas kompetensi kepribadian guru dengan nilai 7,88 kategori “Baik”, pelaksanaan pembelajaran dengan nilai 8,76 kategori “Baik”, rencana pelaksanaan pembelajaran dengan nilai 8,06 kategori “Baik”, dan rasio guru dengan peserta didik 1: 26,29 dengan kategori “Ideal”. Dari segi efektivitas nilai peserta didik di SD Se-Kecamatan Buleleng di sekolah sudah di nyatakan baik dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK). Untuk kuesioner yang peneliti berikan di sekolah sekolah dasar (SD) Se-Kecamatan Buleleng mendapatkan jumlah responden sebanyak 621 orang. Dengan jumlah pertanyaan yang diberikan 10 pertanyaan dari hasil pandangan pendapat peserta didik maka jika di rata – ratakan keseluruhan dari kuesioner yang diberikan kepada peserta didik di sekolah dasar (SD) Se�Kecamatan Buleleng dengan jumlah responden 621 orang memberikan jawaban sangat tidak setuju 0,3%, tidak setuju 1,7%, setuju 54,7 %, dan sangat setuju 44,0%. Jadi dapat disimpulkan untuk visibilitas di sekolah dasar kategori “Baik” dan efektivitas pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di sekolah dasar sudah berjalan efektif dan sistematis. Saran usaha mencapai tujuan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di sekolah dasar harus disesuaikan dengan beberapa unsur seperti, tujuan pembelajaran, kemampuan siswa, metode pembelajaran, materi pembelajaran sarana dan prasarana yang ada di sekolah, aktivitas belajar serta kenyamanan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Visibilitas, Efektivitas Pembelajaran, Pembelajaran PJOK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | NI KADEK PRISILA YANTI |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 11:58 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 11:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21201 |
Actions (login required)
View Item |