Permatasari, Ni Putu Wahyu (2024) DEVELOPING ENGLISH LEARNING MATERIALS BASED ON THE EMANCIPATED CURRICULUM FOR 11th GRADE STUDENTS OF SENIOR HIGH SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021140-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021140-ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021140-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (63kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021140-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2012021140-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) | Request a copy |
|
Text (BBA 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021140-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021140-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021140-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (167kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012021140-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) memahami kebutuhan siswa dan guru; (2) mengembangkan materi pembelajaran bahasa Inggris yang terstruktur sebagai buku ajar untuk siswa kelas 11 semester dua, mengikuti pedoman yang ditetapkan dalam Kurikulum merdeka; dan (3) mengetahui kualitas materi pembelajaran bahasa Inggris yang dibedakan. Penelitian ini menggunakan paradigma Desain dan Pengembangan Richey dan Klein (2008) sebagai landasan metodologisnya. Model desain dan pengembangan memiliki empat tahap: analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. Data yang diperoleh dari penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner, survei, dan dokumen. Data dianalisis menggunakan metode kualitatif yang dikemukakan oleh Miles, Huberman, dan Saldaña (2014), dan metode kuantitatif dengan menggunakan rumus Nurkancana dan Sunartana (1992). Keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat dua kebutuhan primer, yaitu kebutuhan siswa dan kebutuhan guru, dan kedua kebutuhan tersebut menjadi dasar penelitian dalam rangka pengembangan produk; dan (2) penelitian dilakukan dengan menggunakan papan tulis yang sesuai dengan temuan penelitian. analisis kebutuhan dan pengembangan produk menggunakan aplikasi Canva (3) Kualitas produk dievaluasi menggunakan penilaian pengguna dan ahli. Peringkat produk "Sangat Baik" menunjukkan bahwa produk tersebut cocok untuk digunakan dalam pengajaran, dengan pemilihan berdasarkan kriteria evaluasi instruktur dan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum, Pengembangan Materi Pembelajaran, Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Wahyu Permatasari |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 21:37 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 21:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21202 |
Actions (login required)
View Item |