Novitayani, Ni Putu Indah (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA DI SD NEGERI 1 TIGAWASA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031154-COVER.pdf Download (428kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031154-ABSTRAK.pdf Download (67kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031154-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (164kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031154-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031154-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031154-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031154-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031154-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031154-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran muatan IPA di SD Negeri 1 Tigawasa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu rancangan penelitian survey. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa di SD Negeri 1 Tigawasa sebanyak 156 siswa. Cara pengambilan sampel yang dilakuan pada penelitian ini adalah dengan purposive sampling. Subejek penelitian ini yaitu murid kelas IV, V dan Kelas VI pada SD Negeri 1 Tigawasa yang berjumlah 76 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner berskala linker. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif kausal yaitu data yang dapat dihitung atau data berupa angka-angka. Teknik analisis dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda dengan pengolahan data menggunakan SPSS. Hasil uji koefisien determinasi dengan nilai R2 sebesar 0,497 hal ini membuktikan bahwa motivasi belajar dan kedisiplinan mempengaruhi prestasi belajar siswa sebesar 49,7% dan 50,3% dipengaruhi oleh valiabel lain. Berdasarkan uji-t hasil hipotesis pertama memiliki nilai probabilitas 0,000 < 0,05 membuktikan bahwa motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, sementara hipotesis kedua nilai probabilitas sebesar 0,004 < 0,05 sehingga kedisiplinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, dan untuk hipotesis ketiga nilai probabilitas sebesar 0,000 > 0,05 hal ini membuktikan motivasi belajar dan kesiplinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan model penelitian dengan menambahkan variabel intervening ataupun moderasi sehingga tercipta model penelitian yang lebih kompleks dan memberikan hasil yang lebih komperhensif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Kedisiplinan, Prestasi Belajar, SD Negeri 1 Tigawasa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Indah Novita Yani |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 02:10 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 02:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21269 |
Actions (login required)
View Item |