Larasati, Putti (2024) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE DALAM PEMBELAJARAN TEKS BERITA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SERIRIT. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2229011013-COVER)
2229011013-COVER.pdf Download (5MB) |
|
Text (2229011013-ABSTRAK)
2229011013-ABSTRAK.pdf Download (4MB) |
|
Text (2229011013-BAB 1 PENDAHULUAN)
2229011013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (4MB) |
|
Text (2229011013-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229011013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (2229011013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229011013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (2229011013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229011013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (2229011013-BAB 5 PENUTUP)
2229011013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (2229011013-DAFTAR PUSTAKA)
2229011013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) |
|
Text (2229011013-LAMPIRAN)
2229011013-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dalam pembelajaran teks berita; (2) mendeskripsikan respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dalam pembelajaran teks berita; (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dalam pembelajaran teks berita; dan (4) mendeskripsikan hambatan-hambatan dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dalam pembelajaran teks berita. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ialah siswa kelas VII. Data di kumpulkan dengan observasi kelas, wawancara, dokumentasi serta tes. Metode analisis data menggunakan uji credibility data dengan triangulasi. Hasil penelitian meliputi (1) guru menerapkan langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran kooperatif scramble sesuai dengan modul ajar; (2) respons yang diberikan sangatlah baik, karena model kooperatif tipe scramble ini dinilai mampu meningkatkan keaktifan, berpikir kritis, dan minat siswa yang memengaruhi hasil belajar siswa Bahasa Indonesia di kelas; (3) hasil belajar yang diperoleh siswa dengan kategori tertinggi adalah 95, dan terendah 80 nilai terendah yang mereka dapat masih di atas KKM; (4) terdapat hambatan yang dialami oleh guru yakni, guru memerlukan waktu yang lebih banyak untuk mempersiapkan media pembelajaran, situasi kelas yang menjadi ribut, karakter dan kemampuan siswa yang berbeda, dan kemampuan membaca siswa yang kurang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif, teks berita, Model Pembelajaran scramble |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S2) |
Depositing User: | Putti Larasati |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 08:57 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 08:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21308 |
Actions (login required)
View Item |