Ariantini, Kadek (2024) Pengembangan E-Modul Matematika dengan Pendekatan Analogi untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa SMA Kelas X. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013011038-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011038-ABSTRAK.pdf Download (54kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011038-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (122kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011038-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011038-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (685kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011038-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011038-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011038-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (66kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011038-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah menghasilkan e-modul matematika dengan pendekatan analogi yang memenuhi kategori valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan tahapan analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Uji validitas isi dan media menggunakan instrumen Learning Object Review Instrument (LORI). Selanjutnya, uji kepraktisan dilakukan menggunakan instrumen User Eksperience Questionnaire (UEQ). Pengujian efektivitas dilakukan melalui eksperimen semu menggunakan pretest-posttest control group design. Data mengenai minat diperoleh melalui instrumen angket minat belajar siswa, sedangkan data prestasi diukur dengan tes. Data skor N-Gain dianalisis menggunakan Multivariate Analisis of Varience (MANOVA). Penelitian ini sudah menghasilkan e-modul matematika berupa tautan link yang memuat masalah-masalah kontekstual disusun dengan pendekatan analogi serta penyajian materi yang beragam berupa video dan contoh soal serta penyelesaian. Hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa validitas isi dan validitas media dari e-modul memperoleh kategori sangat valid dengan nilai rata-rata sama yaitu 4,85. Hasil uji kepraktisan pada aspek daya tarik, kejelasan, efisiensi, stimulasi, dan kebaruan memperoleh kategori unggul, sedangkan aspek ketepatan memperoleh kategori baik. Berdasarkan hasil uji tersebut, e-modul matematika dengan pendekatan analogi dapat dinyatakan praktis. Uji efektivitas yang didapatkan dalam pengujian hipotesis menggunakan MANOVA mendapatkan nilai F=11,582 dan F=52,451 dengan signifikansi 0,00 yang berarti bahwa e-modul matematika dengan pendekatan analogi dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa SMA kelas X dilihat dari adanya perbedaan peningkatan minat dan prestasi belajar siswa SMA kelas X.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul Matematika, Analogi, Minat Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Kadek Ariantini |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 08:42 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 08:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21322 |
Actions (login required)
View Item |