;PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Pradnyani, Putu Lidya (2024) ;PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011011035-COVER.pdf

Download (263kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011011035-ABSTRAK.pdf

Download (43kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011011035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (225kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011011035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011011035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011011035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011011035-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011011035-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011011035-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena ditemukan bahwa ada beberapa siswa sering menyontek saat diberikan tugas oleh guru saat proses pembelajaran di kelas, siswa lebih senang bermain di luar kelas saat jam kosong, siswa pasif dalam mengerjakan PR atau tugas kelompok dari guru, siswa lebih memilih mencontek atau meniru pekerjaan temannya, siswa belajar hanya pada waktu ulangan saja, sehingga mereka baru akan melakukan kegiatan belajar apabila diingatkan oleh orang lain. Kesadaran belajar yang kurang tersebut juga terlihat pada saat pembelajaran di kelas, siswa tidak mencatat jika gurunya tidak menyuruh untuk mencatat. Hal inilah yang menyebabkan siswa tidak termotivasi terhadap belajarnya sehingga aktivitas pembelajaran di kelas kurang aktif. Dari hasil wawancara yang sudah dilakukan, adapun upaya yang sudah dilakukan oleh guru BK yaitu dengan memberikan layanan informasi dan bimbingan klasikal agar siswa memahami tentang pentingnya kemandirian belajar dalam menentukan keberhasilan belajar, akan tetapi upaya yang telah dilakukan oleh guru BK belum mencapai hasil yang optimal karena siswa memiliki masalah yang variatif, sehingga guru BK tidak hanya berfokus pada permasalan kemandirian dalam belajar.Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui rancang bangun atau konstruksi pengembangan Buku Panduan Konseling Behavioral dengan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMP; validitas internal atau validitas isi dari buku Panduan Konseling Behavioral dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMP; kepraktisan buku panduan konseling behavioral dengan teknik Self Management untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa SMP; keefektifan Pengembangan Buku Konseling Behavioral dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Subjek yang terlibat pada pelaksanaan uji validitas ini melibatkan 5 pakar yang sesuai dengan bidang keahliannya dan 8 orang siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Singaraja. Hasil analisis data dalam pelaksanaan uji validitas terkait keberterimaan produk yang meliputi beberapa indikator yakni kegunaan (utility), kelayakan (feasibility), ketepatan (accuracy), kemudahan penggunaan dan kesesuaian konten didapatkan hasil CVR = 20 dan CVI = 1 yang termasuk dalam kategori istimewa. Hasil uji efektifitas ini memperhatikan adanya perubahan hasil pre test dan post test selama pelaksanaan konseling behavioral dengan teknik self management. Hasil menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) pada uji-t sebesar 0,00, nilai probabilitas ini lebih kecil dibandingkan tingkat signifikansi 0,05. Dengan demikian H0 ditolak, maka terdapat efektifitas pengembangan buku panduan konseling konseling behavioral dengan teknik self management untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa SMP . Adapun hasil pehitungan effect size diperoleh sebesar 11,97, hal ini mengacu pada tabel kriteria ukuran effect size maka, efek dari penggunaan buku panduan konseling behavioral dengan teknik self management efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa SMP yang diberikan tergolong sangat tinggi. Penelitian ini memiliki implikasi yakni panduan yang dikembangkan merupakan inovasi bagi guru BK dalam pelaksanaan layanan konseling behavioral dengan teknik self management untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa SMP. Kata kunci : .Konseling Behavioral, Teknik Self Management, Kemandirian Belajar, 4D

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konseling Behavioral, Teknik Self Management, Kemandirian Belajar, 4D
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Putu Lidya Pradnyani
Date Deposited: 27 Jul 2024 05:59
Last Modified: 27 Jul 2024 05:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21473

Actions (login required)

View Item View Item